Incredible Intelligence 2018

ASUS ROG Strix XG49VQ Usung Layar 49 Inci dan HDR

Mohammad Mamduh 27 Oktober 2018 14:15 WIB
asushardware
ASUS ROG Strix XG49VQ Usung Layar 49 Inci dan HDR
ASUS ROG Strix XG49VQ
Jakarta: Monitor gaming teranyar dari ASUS memiliki ukuran layar bongsor.

Bernama lengkap ASUS ROG Strix XG49VQ, monitor gaming ini merupakan salah satu yang pertama mengadopsi ukuran layar 49 inci melengkung. Pihak ASUS mengklaim pengalaman bermain yang dibawanya sangat berbeda dari monitor gaming selama ini.

Sebagai monitor kelas atas, ASUS ROG Strix XG49VQ sudah menawarkan refresh rate 144Hz Radeon FreeSync, dengan dukungan tiga input perangkat secara bersamaan.


Salah satu kemampuan yang dipamerkan dalam ajang ASUS Incredible Intelligence 2018 adalah proyeksi visual dari tiga perangkat secara bersamaan.

“Kesannya seperti dua layar yang menjadi satu, tetapi ASUS ROG Strix XG49VQ tidak mengurangi pengalaman gaming dan beraktivitas lainnya,” ungkap pihak ASUS saat memberikan contoh.

Tampilan tiga aplikasi yang berjalan bersamaan memang terbagi secara proporsional. Ini karena resolusi 3840 x 1080 piksel dengan rasio aspek 32:9. Selain itu, ASUS ROG Strix XG49VQ juga mendukung HDR bersertifikat Vesa Display HDR400.

Teknologi lainnya yang dipamerkan dari ASUS ROG Strix XG49VQ adalah Shadow Boost, yang diklaim bisa memberikan pencahayaan lebih baik pada bayang di sekitar objek.

Pencahayaan untuk menambah detil objek ini cukup terfokus sehingga tidak memberikan cahaya berlebih pada objek yang berada di luar bayangan. Pihak ASUS memastikan bahwa Shadow Boost bukan cara curang dalam bermain game.

ASUS belum memberikan informasi mengenai harga dan ketersediaannya untuk pasar Asia Tenggara. Berkaca pada seri gaming lainnya dengan ukuran layar yang sama lebarnya, harga yang dipatok tidak akan lebih murah dari monitor generasi sebelumnya.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.