Perayaan yang bertajuk "Safari SERABI: Arisan Spesial Ulang Tahun" ini telah berlangsung selama enam hari di 13 kota besar di Indonesia, puncaknya diselenggarakan di Superbank Town Hall, Jakarta, pada 12 Juni.
Acara puncak di Jakarta dihadiri oleh lebih dari 1.100 pengusaha UMKM perempuan. Grab secara resmi meluncurkan gerakan #TemanPerempuanBisa. Gerakan ini berfokus pada dukungan teknologi melalui aplikasi GrabMerchant, yang dilandasi oleh tiga pilar utama: Perempuan Bisa AI, Perempuan Bisa Cuan Lebih, dan Perempuan Bisa Besarkan Bisnis.
Grab menghadirkan berbagai solusi praktis, termasuk optimalisasi bisnis dengan Asisten AI di aplikasi GrabMerchant untuk mempermudah operasional, peluang pendapatan tambahan melalui GrabKios dan program referensi, serta dukungan pendanaan usaha melalui GrabModal Mantul.
Rivana Mezaya, Director of Digital & Sustainability, Grab Indonesia, menyoroti pentingnya inisiatif ini. "Saat ini, 61% pemilik bisnis di platform Grab adalah perempuan, dan sebagian besar merupakan pelaku UMKM. Melalui acara ini, kami ingin terus mendorong inklusi digital dan membuka akses peluang seluas-luasnya kepada perempuan pelaku UMKM melalui akselerasi dan digitalisasi bisnis," ujarnya.
Penggunaan Asisten AI, sebuah chatbot berbasis teknologi Large Language Model (LLM), di aplikasi GrabMerchant menawarkan dukungan personalisasi bagi Mitra Merchant dalam menjalankan operasional sehari-hari. Felicia Winata, pemilik usaha Ayam Geprek Labansari Jawa Timur, merasakan manfaat langsung dari fitur ini.
"Saat mencoba fitur Asisten AI di aplikasi GrabMerchant dalam acara SERABI, saya langsung merasakan manfaatnya dalam mendukung operasional online. Mulai dari pembuatan menu otomatis, pengaturan jam operasional, hingga pembaruan informasi restoran. Fitur Asisten AI ini memiliki keunggulan karena terintegrasi langsung dengan aplikasi GrabMerchant, sehingga semuanya menjadi lebih praktis," ungkapnya.
Yani Sardini, pemilik usaha Gado-Gado Seruni, juga berbagi pengalamannya. "Dari dulu saya jualan pakai cara tradisional, setelah bergabung dengan Grab di tahun 2020, akhirnya usaha saya mulai berkembang di ranah online. Apalagi pekerjaan saya jadi semakin mudah karena ada fitur Asisten AI yang bisa kasih solusi untuk mengembangkan menu hingga tips untuk meningkatkan penjualan," ucapnya.
Didirikan pada tahun 2023 di Jakarta dengan hanya 50 anggota, komunitas SERABI kini telah berkembang pesat dengan lebih dari 2.500 anggota di lebih dari belasan kota di seluruh Indonesia.
Grab dan Superbank berkomitmen untuk menjadikan SERABI sebagai model komunitas berbasis teknologi yang mampu mempercepat inklusi digital perempuan di sektor UMKM, sekaligus memperkuat fondasi ekonomi lokal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News