Laptop dalam jumlah banyak yang disusun sebagai alat mining aset kripto. (WEIBO)
Laptop dalam jumlah banyak yang disusun sebagai alat mining aset kripto. (WEIBO)

Laptop Gaming Seri Nvidia RTX 3000 Ludes Diborong Penambang Kripto

Cahyandaru Kuncorojati • 07 Februari 2021 12:41
Jakarta: Cryptocurrency atau aset kripto masih menjadi tren meskipun harga komponen PC terutama kartu grafis saat ini tergolong mahal dan langka yang salah satunya diakibatkan oleh tren tersebut. GPU di kartu grafis jadi alat utama kegiatan tersebut.
 
Kabar buruknya, bukan cuma kartu grafis diskrit yang menjadi langka dan mahal akibat kegiatan mining. Laptop gaming maupun laptop biasa juga dikabarkan menjadi alat alternatif untuk melakukan mining aset kriptio.
 
Dikutip dari situs Videocardz, terungkap bahwa banyak penambang aset kripto di Tiongkok membeli laptop dalam jumlah banyak untuk kegiatan. Jenis laptop yang digunakan adalah laptop dengan kartu grafis jenis Nvidia GeForce RTX 30-Series.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi ini dilaporkan didorong oleh nilai dari aset kripto jenis Ethereum yang sejak akhir November melonjak hingga tiga kali lipat. Padahal laptop dengan spesifikasi tersebut yang kebanyakan merupakan laptop gaming baru saja dirilis awal tahun ini.
 
Dampaknya bisa diprediksi, laptop gaming dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30-Series akan langka dan harganya mungkin akan mengalami kenaikan. Harga laptop dengan spesifikasi tersebut tergolong tidak murah tapi para penambang aset kripto tampaknya memiliki pendapatan besar.
 
Sejumlah foto yang beredar di media sosial ternama Tiongkok, Weibo, memperlihatkan laptop dalam jumlah banyak yang menyala bersamaan dan disusun di sebuah rak lemari. Rancangan ini mirip seperti rak kartu grafis untuk tambang aset kripto.
 
Content creator di situs Bilibili Tiongkok bernama "Fish Pond F2pool" melakukan demo dengan menambang Ethereum menggunakan laptop kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3060. . Dia melakukannya sambil duduk di cafe dan berdurasi dua jam.
 
Dia memperlihatkan bahwa hanya dalam durasi dua jam berhasil terkumpul 0,00053 Ethereum (ETH) yang senilai 0,89 USD atau kisaran Rp12 ribu meskipun belum genap terkumpul 1 ETH.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif