Ilustrasi.
Ilustrasi.

MediaTek Beli Unit Bisnis Intel Enpirion

Teknologi teknologi mediatek hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 19 November 2020 11:38
Jakarta: Interl rupanye belum berhenti melepas unit bisnis yang terkait pengembangan teknologi untuk perangkat chipset kategori smartphone. Terbaru unit bisnis bernama Intel Enpirion ternyata juga dilepas kepada MediaTek.
 
Informasi terbaru menyebutkan MediaTek sudah mengakuisisi Intel Enpirion dengan nilai USD85 juta. Proses akuisisi ini tinggal menunggu persetujuan lembaga pengawas bisnis namun kedua pihak sudah sama-sama sepakat.
 
Dikutip dari GSM Arena, Intel Enpirion merupakan merupakan unit bisnis Intel yang bergerak di pengembangan dan produksi power management chip. MediaTek tidak akan memegangnya langsung tapi Intel Enpirion akan diserahkan kepada anak bisnis mereka bernama Richtek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Richtek sendiri memiliki bidang bisnis yang sama dengan Intel Enpirion. Mereka membuat desain kompoenen pemasok daya yang bisa dijumpai pada baterai komponen chipset atau prosesor maupun semikonduktor lainnya.
 
Kehadiran teknologi yang dibawa Intel Enpirion ke MediaTek akan membuat perusahaan semikonduktor asal Taiwan tersebut bisa menerima pesanan dari perusahaan teknologi yang membutuhkan komponen integrated circuit untuk beragam perangkat teknologi.
 
Sebelumnya Intel telah menjual bisnis modem mereka kepada Apple yang berfokus ke pengembangan modem 5G di perangkat mobile. Kemudian yang mengejutkan mereka juga menjual bisnis perangkat memori jenis solid state drive (SSD) kepada SK Hynix asal Korea Selatan.
 
Kini Intel tampaknya berfokus untuk mengembangan bisnis prosesor komputasi serta foundry atau manufaktur prosesor tersebut yang terbuka untuk pesanan pihak ketiga. Bisnis foundry Intel juga diperhitungkan sebagai pesaing serius dari Samsung Foundry dan TSMC.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif