Ilustrasi
Ilustrasi

PostgreSQL 13 Permudah Indeks Database via Open Source

Teknologi teknologi transformasi digital
Mohammad Mamduh • 24 September 2020 19:01
Jakarta: PostgreSQL Global Development Group hari ini mengumumkan peluncuran PostgreSQL 13, versi terbaru dari software database open source.
 
Keunggulan PostgreSQL 13diklaim mencakup peningkatan signifikan pada sistem indeks dan pencarian untuk database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan banyak lagi.
 
"Sejak awal kami selalu optimistis dan percaya bahwa open source adalah solusi masa depan. Selain efisiensi, terutama open source memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof," kataJulyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Apalagi Indonesia seperti yang baru saja disampaikan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, sedang menghadapi krisis ekonomi, dengan prediksi pertumbuhan minus 1,7 hingga 0,6 persen di tahun 2020 ini, tentunya ini saatnya bagi banyak Korporasi besar untuk mulai lebih memanfaatkan Open Source sebagai solusi tersebut,” kata Julyanto lebih lanjut.
 
PostgreSQL 13 diklaim dapat menangani data duplikat dalam indeks B-tree, yang merupakan indeks standar database. Hal ini menurunkan penggunaan ruang yang dibutuhkan indeks B-tree, sambil meningkatkan kinerja query secara keseluruhan.
 
Selain itu, PostgreSQL sekarang bisa menggunakan sistem statistik yang diperluas (diakses melalui Create Statistics) untuk membuat plan yang lebih baik untuk kueri dengan klausa OR dan pencarian atas daftar In / Any.
 
Lebih banyak pilihan query pengelompokan dan agregat dapat meningkatkan efisiensi fungsi pengelompokan, karena query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori.
 
Sistem vacuuming terus ditingkatkan salah satunya adalah dengan pelaksanaan secara paralel untuk indeks. Administrator dapat memilih jumlah parallel worker yang akan dijalankan. Selain itu, proses autovacuum dapat dimulai oleh Insert data.
 
Replication slot, yang digunakan untuk mencegah write-ahead log (WAL) dihapus sebelum diterima oleh replika, dapat disesuaikan untuk menentukan jumlah maksimum file WAL yang harus dipertahankan dan membantu menghindari terjadinya error karena sisa space disk habis.
 
PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara agar administrator dapat memantau aktivitas database, termasuk menampilkan statistik penggunaan WAL pada Explain, status proses dalam membuat backup dengan base backup maupun menjalankan Analyze.
 
Selain itu, integritas data hasil dari pg_basebackup dapat dipastikan oleh pg_verifybackup yang baru.Fungsi/fitur ekstensi dapat diinstall oleh user biasa, selama sudah ditandai sebagai “trusted” oleh Superuser.
 
Fitur menarik seperti FDW, yang dapat menghubungkan PostgreSQL dengan database lainnya seperti Oracle, MySQL, dll dapat menggunakan otentikasi berbasiskan sertifikat sehingga lebih aman.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif