Telkom siap jalankan Skenario The New Normal setelah Lebaran (Foto:Dok.Telkom)
Telkom siap jalankan Skenario The New Normal setelah Lebaran (Foto:Dok.Telkom)

Telkom Siap Jalankan Skenario The New Normal Setelah Lebaran

Teknologi berita telkom
M Studio • 17 Mei 2020 21:36
Jakarta: Setelah hampir dua bulan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH) diberlakukan, Menteri BUMN Erick Thohir mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Direktur Utama BUMN perihal antisipasi skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara pada Jumat, 15 Mei 2020.
 
Hal ini merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 yang menerpa hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.
 
Menindaklanjuti surat edaran tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam siaran persnya menyatakan siap mengimplementasikan skenario The New Normal di lingkungan kerja BUMN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait arahan untuk membentuk Task Force Penanganan Covid-19, TelkomGroup telah membentuk satuan tugas internal khusus untuk penanganan covid-19 yang melibatkan seluruh unit fungsional maupun regional, serta seluruh anak perusahaan secara terpusat di bawah komando Direktur Human Capital Management Telkom.
 
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa Telkom berkomitmen penuh untuk mendukung segala upaya KBUMN maupun pemerintah dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.
 
“Telkom secara proaktif terus melakukan berbagai kegiatan preventif bagi karyawan di lingkungan kerja, baik yang bekerja di kantor maupun bekerja dari rumah, secara keseluruhan diawasi secara kontinu melalui satuan tugas yang dibentuk untuk penanganan pandemi virus covid-19,” ujar Ririek.
 
Sejak merebaknya wabah virus covid-19, TelkomGroup telah memiliki dan menjalankan protokol kesehatan, prosedur kerja, serta aturan komunikasi di seluruh lingkungan kerja mencakup interaksi dengan mitra, pelanggan, pemasok dan pihak eksternal lainnya.
 
Sebelumnya, Telkom terus melakukan sosialisasi dan pembaruan informasi kepada seluruh karyawan mengenai pencegahan virus covid-19 baik secara langsung maupun melalui berbagai saluran media internal.
 
Tak hanya itu, selama masa work from home, Telkom juga secara rutin mendata kondisi kesehatan karyawan setiap harinya melalui aplikasi absensi Diarium, melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area gedung di kawasan The Telkom Hub baik area kerja karyawan maupun pelayanan pelanggan. Terdapat juga posko yang melibatkan tenaga medis serta call center yang dapat dihubungi 24 jam.
 
Budaya kerja TelkomGroup telah berorientasi pada teknologi digital melalui pemanfaatan berbagi aplikasi digital untuk perkantoran seperti Diarium, aplikasi Nota Dinas Elektronik, Portal Internal ataupun berbagai aplikasi pengeloaan Human Capital, hingga untuk keperluan komunikasi video conference dengan menggunakan aplikasi CloudX dan UMeetMe.
 
Untuk kebutuhan pelanggan, produk-produk TelkomGroup telah dilengkapi dengan dukungan aplikasi dan berbagai kanal digital maupun media sosial. Seperti halnya IndiHome yang menyediakan aplikasi MyIndiHome bagi pelanggannya untuk mengelola layanan IndiHome-nya disamping juga telah tersedia layanan pelanggan melalui media sosial @IndiHome di Twitter, Instagram serta di Facebook.
 
Tak hanya itu, pelanggan juga dapat menghubungi customer care IndiHome melalui email customercare@telkom.co.id atau telepon ke 147 sehingga pelanggan tidak perlu bepergian ke luar rumah apabila ingin mengelola layanan IndiHome-nya. Meskipun juga Grapari TelkomGroup ataupun Plasa Telkom akan siap beroperasi penuh dengan penerapan protokol kesehatan seperti melakukan pengecekan suhu kepada semua orang yang memasuki lokasi, penggunaan masker, hand sanitizer serta pengaturan physical distancing.
 
Ririek menambahkan, saat ini skenario The New Normal yang akan diterapkan di lingkungan kerja TelkomGroup tengah disusun dan difinalisasi agar dapat diimplementasikan oleh seluruh karyawan.
 
Diharapkan penerapan The New Normal di lingkungan kerja ini dapat mendukung seluruh karyawan dalam menjaga efektivitas dan produktivitas perusahaaan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan masing-masing. Penerapan ini akan diberlakukan secara bertahap dengan mengikuti peraturan yang berlaku serta dengan mempertimbangkan hasil monitoring dan evaluasi agar dapat memberikan hasil yang optimal.
 
“Kami sadari bahwa kondisi saat ini menjadi tantangan untuk semua pihak, tak terkecuali BUMN. Untuk itu Telkom siap mengampanyekan gerakan optimisme seluruh karyawan dalam menghadapi kondisi The New Normal ini. Dengan saling bahu membahu dan gotong royong, Insya Allah kita bisa menghadapi ini semua, #CovidSafe BUMN,” ucap Ririek.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif