NEWSTICKER
Google Play Store kembali menghapus aplikasi pesan instan mata-mata EAU, Totok.
Google Play Store kembali menghapus aplikasi pesan instan mata-mata EAU, Totok.

Google Hapus Aplikasi Tiruan WhatsApp

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 17 Februari 2020 15:59
Jakarta: Pada bulan Desember lalu, laporan New York Times menjabarkan secara detail terkait aplikasi chat yang mendapatkan perhatian masyarakat di seluruh dunia, ternyata digunakan sebagai alat mata-mata oleh Uni Emirat Arab (UAE).
 
Aplikasi bernama ToTok ini awalnya dihapus Apple dan Google dari toko aplikasi mereka, namun kemudian, Play Store kembali menghadirkan aplikasi layanan pesan instan ini. Kini, Google Play Store kembali menghapus ToTok.
 
Menurut 9to5Google, aplikasi ini sudah tidak lagi dapat ditemukan saat dicari di Google Play Store pada hari Jumat lalu, meski terdapat sejumlah tiruan dari aplikasi ini. Juga tersedia tautan ke halaman situs yang saat ini tidak lagi dapat diakses.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip penilaian intelijen rahasia pemerintah Amerika Serikat, investigasi New York Times yang dilakukan pada tahun 2019 lalu menyelidiki hubungan dekat antara pengembang ToTok dengan badan intelijen UAE.
 
ToTok dikabarkan digunakan oleh UAE untuk melacak setiap percakapan, pergerakan, hubungan, perjanjian, suara, dan gambar dari penggunanya. Pendekatan ini menyuguhkan pemerintah bentuk langsung dari aktivitas mata-mata yang tidak membutuhkan proses kompromi dari akun atau perangkat pengguna.
 
Aplikasi ini disebut sebagai layanan pesan langsung dengan dukungan untuk pesan teks, suara, dan panggilan video. ToTok telah diunduh di Timur Tengah, Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara, dengan versi Android diklaim telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.
 
Secara lokal, aplikasi ini populer karena tidak diblokir layaknya aplikasi terkenal lainnya. ToTok dihapus dari toko aplikasi kedua sistem operasi ini, sebelum New York Times merilis hasil investigasinya pada tanggal 22 Desember lalu.
 
Google menyebut pelanggaran kebijakan toko aplikasi sebagai alasan penghapusan ToTok dari Play Store, meski tidak menjelaskan lebih lanjut. Pada tanggal 4 Januari lalu, ToTok kembali ke Play Store, namun Google tidak menjelaskan alasan di balik kembalinya aplikasi tersebut.
 
Google juga belum menjelaskan alasan di balik keputusannya kembali menghapus ToTok dari Play Store.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif