Laptop Toshiba.
Laptop Toshiba.

Toshiba Resmi Berhenti Produksi Laptop

Teknologi teknologi Toshiba
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Agustus 2020 08:31
Jakarta: Kabar terbaru datang dari bisnis elektronik Toshiba. Mereka mengumumkan mundur dari kompetisi perangkat laptop. Mereka menyerahkan saham yang tersisa kepada Sharp yang pernah membeli sebagian besar saham bisnis ini.
 
Nama Toshiba dikenal dengan produk laptop yang dulu cukup populer, terutama di kalangan enterprise atau profesional, serta punya kualitas awet.
 
Informasi ini pertama kali diketahui dari pengumuman terkait perpindah saham bisnis laptop merek kepada Sharp. Toshiba memindahkan kepemilikan saham sebesar 19,9 persen kepada Sharp. Padahal di tahun 2018 Sharp hanya mendapatkan saham bisnis laptop Toshiba seebsar 80,1 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tangan Sharp, bisnis laptop Toshiba dipasarkan dengan merek Dynabook. Kini Dynabook sudah sepenuhnya di tangan Sharp tanpa campur tangan Toshiba. Bisnis laptop Toshiba punya riwayat yang panjang, mereka sudah berbisnis selama tiga dekade alias 30 tahun.
 
Toshiba pertama kali merilis laptop pada tahun 1985 lewat seri T1100 berbasis IBM. Mereka berhasil memuat beragam fitur yang kemudian menjadi standar laptop untuk dekade selanjutnya, dikutip dari Gizmodo. Misalnya, baterai yang bisa dicas, layar LCD, dan dukungan disket atau floppu disk drive 3,5 inci.
 
Dikutip dari data The Register, Toshiba pernah masuk dalam daftar lima vendor PC atau laptop terbaik. Sayangnya merek seperti lenovo, Apple, HP, dan Dell berhasil menyalipnya dan jadi pemain besar di pangsa pasar.
 
Di tahun 2018 akhirnya Toshiba menyual divisi bisnis laptop mereka seneilai USD36 juta dalam persentase yang besar. Toshiba dulu memiliki beberapa sub-brand untuk jajaran laptopnya dengan beragam keunggulan dan segmentasi.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif