Menkominfo Johnny G Plate.
Menkominfo Johnny G Plate.

100 Hari Jokowi-Maruf

Impian Menkominfo Johnny: Punya Startup Unicorn Baru

Teknologi kominfo teknologi startup 100 Hari Jokowi-Maruf
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Januari 2020 13:00
Jakarta: Di periode Rudiantara menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) perusahaan rintisan atau startup Tanah Air tumbuh subur. Indonesia sendiri disegani karena di tahun 2019 berhasil masuk sebagai negara kelima di dunia yang punya startup terbanyak.
 
Menurut data dari Startup Ranking yang dikutip oleh Menkominfo Johnny G Plate saat berbicara di World Economic Forum yang berlangsung di Davos, Swiss, disebutkan bahwa pada tahun 2019 Indonesia punya 2.193 startup. Dia sendiri tidak mau mengklaim bahwa di periode jabatannya sejak Okober 2019 telah ikut berkontribusi di dalamnya.
 
Saat proses serah terima jabatan dari Rudiantara pada 23 Oktober 2019, dia menyebutkan akan melanjutkan program Menkominfo yang sebelumnya, salah satunya mengenai startup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yakini bahwa kementerian ini, periode kabinet ini bukan periode awal, tapi periode lanjutan. Ini masa jabatan incumbent, jadi, saya tidak perlu ditanya program 100 hari, 1.000 hari," ujar Johnny.
 
"Tapi yang saya lakukan adalah kontinuitas program yang sudah dibangun. Dalam rangka hal-hal yang harus ditindaklanjut, tentu, yang diminta adalah akselerasi," tuturnya.
 
Sebelumnya Rudiantara menyebutkan bahwa fungsi atau peran Kominfo tidak lagi sebagai regulator, tapi juga fasilitator dan akselerator. Johnny menyambutnya dengan menyebut topik mengenai startup khususnya prestasi unicorn Indonesia.
 
Rudiantara menyebutkan bahwa fungsi atau peran Kominfo tidak lagi sebagai regulator, tapi juga fasilitator dan akselerator. Johnny menyambutnya dengan menyebut topik mengenai startup khususnya prestasi unicorn Indonesia.
 
"Ini Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorn, decacorn, dan kalau bisa kita punya startup dengan skala hectacorn," ucap Johnny. 100 hari kepemimpinan dari Menkominfo Johnny sudah berlalu dan harus diakui bahwa belum ada kabar terbaru dari startup Indonesia yang berhasil menjadi unicorn baru selain Gojek.
 
Di awal masa jabatannya, Menkominfo Johnny memang belum bisa memberikan strategi yang dirancang olehnya selain bercita-cita memiliki startup unicorn baru, decacorn, bahkan hectacorn. Dalam beberapa kesempatan dia berhasil memperlihatkan bahwa dirinya sudah punya visi dan misi yang akan direalisasikan.
 
"Yang realistis berapa, bagaimana itu kita bantu. Kita tidak ingin bangun startup, terus mati. Kita ingin bangun startup terus berkembang," ujar Menkominfo Johnny saat ditanya fokus pengembangan startup yang tidak terpaku hanya pada jumlah.
 
Menkominfo Johnny juga beberapa kali memberikan pesan terkait investasi pada startup. Dia mengaskan bahwa investasi ini tidak hanya menyoal jumlah dana yang dierima tapi juga peluang startup melakukan komersialisasi atau memonetisasi.
 
Lebih jauh lagi, Menkominfo Johnny ingin startup tidak hanya menjadi tempat berkembang bagi generasi milenial. Menurutnya startup arus menjangkau masyarakat termasuk petani, peternak dan nelayan, sehingga dapat saling berkesinambungan.
 
Sektor produksi dan platform sebagai sektor distribusi juga disebut Johnny harus dapat dipertemukan melalui solusi yang dihadirkan oleh startup.
 
Di World Economic Forum, Menkominfo Johnny berkomitmen untuk kembali menggelar Gerakan 1000 Startup yang juga digagas pada masa Rudiantara. Dia menyatakan akan menciptakan seribu startup baru hingga tahun 2024 termasuk di dalamnya memiliki unicorn baru.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif