Spotify reset password sebagian penggunanya. (Photo by Lionel BONAVENTURE / AFP)
Spotify reset password sebagian penggunanya. (Photo by Lionel BONAVENTURE / AFP)

Spotify Reset Password Pengguna, Kenapa?

Teknologi spotify
Ellavie Ichlasa Amalia • 23 Mei 2019 14:01
Jakarta:Spotify telah menotifikasi beberapa pengguna bahwa mereka telah mereset password akun.
 
Sebagian pengguna Spotify mendapatkan email yang menyebutkan bahwa password akun mereka telah direset "karena terdeteksi kegiatan mencurigakan". Sayangnya, layanan streaming musik itu tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.
 
"Sebagai bagian dari usaha kami untuk melawan kegiatan penipuan di layanan kami, belum lama ini kami memberitahukan beberpa pengguna untuk mereset password mereka sebagai tindakan pencegahan," kata juru bicara Spotify, Peter Collins pada TechCrunch.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mendorong pengguna untuk tidak menggunakan password yang sama di beberapa layanan yang berbeda untuk melindungi diri mereka."
 
Tampaknya, Spotify merasa bahwa ini adalah seranggan credential stuffing, metode ketika hacker menggunakan username dan password yang bocor dari layanan lain dan mencobanya di akun layanan internet lainnya.
 
Sebagian pengguna yang mendapatkan email ini mengaku bahwa mereka menggunakan password yang sama dengan yang mereka gunakan di layanan lain. Namun, sebagian yang lain menggunakan password unik untuk Spotify.
 
Dua orang yang berkomentar di berita Hacker News berkata bahwa password yang mereka gunakan di Spotify berbeda dari password di layanan lain. Ini memunculkan dugaan bahwa serangan pada Spotify ini bukan menggunakan metode credential stuffing.
 
Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk mereset password pengguna jika mereka merasa password itu lemah atau mudah ditebak. Biasanya, perusahaan tidak menyimpan password dalam bentuk teks, tapi mereka menggunakan algoritma hashing untuk melindungi password.
 
Meskipun begitu, perusahaan tetap bisa mengirimkan email untuk mereset password pada pengguna yang menggunakan password yang lemah.
 
Sebelum ini, Netflix, Facebook, dan Spotify pernah secara preventif mereset password akun pengguna setelah terjadi bocoran data dari layanan lain.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif