Lenovo mengumumkan hasil risetnya terkait dengan industri game dan kondisi gamers saat ini.
Lenovo mengumumkan hasil risetnya terkait dengan industri game dan kondisi gamers saat ini.

5 Segmen Gamer Menurut Lenovo, Apa Saja?

Teknologi lenovo
Lufthi Anggraeni • 12 Juni 2019 14:59
Jakarta: Lenovo mengumumkan hasil risetnya terkait dengan industri game dan kondisi gamers saat ini. Riset tersebut menemukan bahwa gamers saat ini terbagi ke dalam lima segmen, khususnya pada ranah gaming PC.
 
Lima segmen gamer tersebut yaitu Hardcore, Avid, Moderate, Casual dan Casual Costumizer. Gamer segmen Hardcore merupakan pemain game dengan jam terbang selama lebih dari 10 tahun dan menjadikan game sebagai passion.
 
Umumnya, gamer Hardcore berusia lebih muda dan lebih terfokus dalam memainkan game dengan jumlah pemain lebih dari dua. Selain itu, game pada segmen Hardcore juga menjadikan game sebagai prioritas utama dalam mencari hiburan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada segmen Avid, umumnya gamer memiliki jam terbang selama sembilan tahun atau lebih. Karakter gamer pada segmen ini serupa dengan gamer segmen Hardcore, namun gamer Avid kerap bermain secara individual dan menikmati menonton streaming game, serta tidak terfokus pada kualitas grafis.
 
Sementara itu, segmen Moderate merupakan gamer dengan jam terbang selama sekitar 15 tahun, dan berusia lebih tua jika dibandingkan dengan dua segmen lainnya. Gamer di segmen ini disebut Lenovo gemar bermain game namun tidak gemar menonton streaming online.
 
Untuk segmen Casual, gamer memiliki jam terbang selama sekitar 16 tahun, dan gemar memainkan game pemain tunggal serta menjadikan game sebagai pengisi waktu luang. Casual Costumizer memiliki jam terbang selama sekitar 24 tahun dan tidak lagi bermain game dengan frekuensi sering.
 
Umumnya, gamer pada segmen Casual Costumizer memiliki PC gaming dan memahami komponen terbaru serta cara membangun atau melakukan upgrade pada PC. Lenovo turut menyebut usia sebagai faktor penting pada segmen gamer tersebut.
 
Selain itu, riset Lenovo turut menyebut bahwa sebagian besar gamer memiliki jam terbang rata-rata selama 14 tahun. Sehingga sebagian besar gamer berusia dewasa dan bermain game sebagai salah satu rutinitas kehidupan dan bentuk rekreasi.
 
Riset ini juga menyebut bahwa rata-rata gamer menghabiskan waktu selama 7,5 jam per minggu untuk bermain video game. Sebesar 28 persen gamer juga disebut Lenovo bermain game selama lebih dari 10 jam setiap minggunya.
 
Selain itu, game dengan genre terpopuler di kalangan game disebut riset Lenovo ini adalah game sosial atau kasual dam First Person Shooter. Namun, tingkat popularitas genre game bergantung pada wilayah.
 
Menyoal waktu bermain, sebagian besar game memilih untuk bermain game pada malam hari, berkontribusi sebesar 69 persen dari total waktu dalam satu hari. Sedangkan sebagian lainnya memilih untuk bermain game pada pagi dan siang hari.
 
Selain itu, 67 persen gamer yang diteliti Lenovo menyebut bahwa pekerjaan menjadi faktor penghambat dalam memainkan game dengan frekuensi sering, sedangkan 56 persen lainnya menyebut keluarga sebagai faktor penghalang tersebut. Hanya sebesar 14 persen gamer menyebut dapat bermain game tanpa batasan waktu.
 
Lenovo juga menemukan bahwa 45 persen gamer lebih memilih untuk menonton video gamer lain. Sebesar 63 persen gamer menjadikan YouTube sebagai destinasi utama, sedangkan Twitch menjadi destinasi utama 44 persen gamer lainnya. Platform lain yang turut dipilih gamer yaitu Ustream sebesar 33 persen, Livestream sebesar 23 persen dan Mixer sebesar 14 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif