AMD 3D V-Cache stacked.
AMD 3D V-Cache stacked.

AMD Luncurkan Prosesor Data Center Generasi Ketiga, Bawa Teknologi 3D V-Cache

Cahyandaru Kuncorojati • 30 Maret 2022 15:26
Jakarta: AMD memberikan kabar terbaru di lini bisnis data center lewat prosesor seri AMD EPYC Generasi ke-3. Mereka merilis prosesor terbaru dari varian tersebut yang membawa inovasi teknologi AMD 3D V-Cache.
 
Prosesor yang diberi kode nama Milan-X diciptakan dengan arsitektur core Zen 3 dengan 3D die stacking bernama AMD 3D V-Cache. Inovasi ini membuat cache L3 dirancang dalam posisi stacked secara vertikal sehingga menyediakan kapasitas lebih besar namun ruang yang kecil.
 
Varian AMD EPYC dengan 3D V-Cache diklaim menyediakan peningkatan performa hingga 66 persen di berbagai beban kerja komputasi teknis dibandingkan kompetitornya yang tidak memiliki teknologi atau inovasi stacked.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AMD EPYC Milan-X disebut menyediakan kapasitas L3 cache terbesar di industri dengan soket yang sama hingga kompatibilitas software. Di sini tetap disediakan perlindungan keamanan yang serupa tapi kinerja luar biasa.
 
Prosesor untuk data center dari AMD ini diklaim mampu mendukung beban kerja berat seperti simulasi pengujian dan validasi desain teknik yang dirancang dari model kompleks yang mengacu ke data fisik atau nyata.
 
“Membangun momentum kami di data center serta sejarah industri pertama kami, prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga dengan teknologi AMD 3D V-Cache memamerkan desain terdepan dan teknologi pengemasan kami yang memungkinkan kami untuk menawarkan prosesor server yang disesuaikan dengan beban kerja di industri pertama dengan Teknologi 3D die stacking,” tutur VP & GM Server Business Unit AMD, Dan McNamara.
 
Kemampuan yang ditawarkan prosesor ini disebut memungkinkan penggunaan lebih sedikit server dan mengurangi konsumsi daya di pusat data, hingga menurunkan total biaya kepemilikan (TCO).
 
Tidak hanya itu, kontribusinya kepada lingkungan adalah mengurangi emisi karbon bagi data center yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Sejumlah mitra OEM seperti Atos, Cisco, Dell, Gigabyte, HPE, Lenovo, QCT, dan Supermicro.
 
Di sisi kompatibilitas software, AMD EPYC Generasi ke-3 juga didukung ekosistem software dari Altair, Ansys, Cadence, Dassault Systemes, Siemens, dan Synopsys. Prosesor in hadir dalam empat varian yang dibedakan dari jumlah core mulai dari 16-core hingga 64-core.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif