Telegram menyediakan berbagai fitur untuk menjadikan percakapan lebih spesial.
Telegram menyediakan berbagai fitur untuk menjadikan percakapan lebih spesial.

Stiker Animasi dan Emoji Interaktif Telegram untuk Percakapan Lebih Spesial

Lufthi Anggraeni • 09 Agustus 2022 19:11
Jakarta: Stiker dan emoji menjadi salah satu cara yang kerap digunakan pengguna platform pesan instan untuk mengekspresikan diri, selain dengan kata-kata. Kedua fitur ini memungkinkan pengguna menyampaikan pesan dan perasaan secara lebih jelas.
 
Hal ini telah disadari Telegram sejak lama, sebab selain emoji interaktif, Telegram telah meluncurkan fitur stiker sejak tahun 2015 lalu. Fitur ini terus berkembang dan memungkinkan pengguna memvisualisasikan perasaan dengan lebih baik via Static Stickers dan Animated Stickers.
 
Penggunaan stiker animasi dan emoji kian marak digunakan pengguna terutama selama pandemi, akibat pembatasan aktivitas fisik yang ditujukan untuk meminimalisir penyebaran virus penyebab Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembatasan akibat pandemi memang telah melonggar dan masyarakat kini telah lebih bebas untuk melakukan aktivitas fisik termasuk melakukan pertemuan secara langsung. Namun hal ini tidak menghilangkan kesenangan dalam menggunakan stiker animasi, emoji interaktif dan fitur Telegram lain untuk menjaga hubungan dengan rekan dan keluarga.
 
Pengguna dapat mencari stiker yang sesuai saat ngobrol dengan menekan ikon untuk stickers di bagian kanan kotak pesan. Atau, pengguna dapat menggunakan cara lebih cepat untuk mencari stiker yang sesuai dengan perasaan, yaitu dengan mengetik emoji sesuai dengan keinginan. dengan demikian, Telegram dapat langsung merekomendasikan stiker serupa.
 
Selain itu, pengguna Telegram juga dapat membuat stiker animasi via fitur Video Sticker yang dirilis Telegram pada bulan Januari 2022 lalu. Fitur ini memungkinkan video biasa diubah menjadi stiker dengan menggunakan aplikasi video editing secara mudah.
 
Untuk membuat Video Stickers, pengguna hanya memerlukan software yang dapat mengunduh file video dengan format .WEBM. Setelah stiker siap, kirim perintah /newvideo ke bot @Stickers dan kirimkan file .WEBM ke bot tersebut.
 
Untuk mengunggah stickers yang telah dibuat, bot @Stickers akan menunjukkan langkah yang diperlukan setelah menekan tombol Start atau kirim /start di chat. Telegram juga menyediakan emoji interaktif, memungkinkan pengguna mengklik emoji animasi untuk melepaskan efek ke seluruh layar.
 
Selain itu, Telegram juga menyediakan fitur Reactions, memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi ke pesan teman tanpa mengirimkan pesan baru. Pengguna hanya perlu menyentuh pesan yang diinginkan sebanyak dua kali untuk memberikan respon jempol ke atas secara cepat.
 
Untuk reaksi lainnya, pengguna dapat menyentuh pesan sebanyak dua kali atau bagi pengguna aplikasi versi iOS, menekan pesan tersebut. Sebagai informasi, pengguna Telegram Premium juga mendapatkan akses ke lebih banyak Reactions, dengan lebih dari 10 emoji lain.
 
Fitur Reaction selalu tersedia di chat pribadi, sedangkan pada grup dan channel, admin grup dapat memilih untuk mengaktifkan fitur atau tidak, dan memilih emoji reaksi yang dapat digunakan di chat grup tersebut.
 
Telegram juga memungkinkan pengguna untuk membuat grup percakapan yang dapat menampung hingga 200 ribu anggita. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan banyak grup berisi pengguna lain dengan minat yang sama menggunakan kata kunci tertentu di kotak pencarian Telegram.
 
Serupa dengan sejumlah platform pesan instan lain, Telegram juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video dari aplikasinya. Pengguna juga dapat mengirimkan pesan video maupun melakukan panggilan grup dalam aplikasi ini.
 
Fitur panggilan video grup di Telegram dapat memfasilitasi kapasitas pengguna sebanyak hingga 30 pengguna yang menyiarkan video dari kamera dan layar mereka secara bersamaan. Selain itu, Telegram menyediakan bot yang dapat pengguna dan rekan mainkan. 
 
Bot Telegram ini menawarkan pengalaman HTML5 beraneka ragam, dari arcade dan teka-teki sederhana hingga tembakan 3D dan game strategi real-time. Pengguna juga dapat mengirim permintaan langsung melalui kotak pesan dengan mengetik @username bot dan kebutuhan. Langkah ini memungkinkan pengiriman konten dari bot langsung ke chat pribadi, grup, atau channel.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif