Mereka mengklaim bahwa menurut monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar delapan persen dibandingkan hari normal dan 29 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.
Puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal. Sesuai prediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan.
Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar dua persen dan SMS sebesar lima persen dibandingkan hari biasa.
“Kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun,” tutur Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
Gede juga mengklaim selama periode liburan tersebut jaringannya tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.
XL Axiata telah melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu atau rentan overload.
Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar delapan persen dibandingkan hari normal
Trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing sebesar 30 persen.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar sembilan persen dari hari normal, Twitter enam persen, Instagram 19 persen.Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 24 persen, Tiktok 22 persen.
Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39 persen dan Telegram 737 persen. Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik tiga persen, Joox naik dua persen.
Di kategori game trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35 persen dari hari normal, dan Free Fire naik 78 persen. Pada layanan streaming film trafik ke Netflix naik 70 persen dibandingkan hari normal, Disney+ 36 persen, Vidio lima persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News