Sony memperkenalkan mikrofon shotgun beamforming terbaru karyanya, ECM-B10.
Sony memperkenalkan mikrofon shotgun beamforming terbaru karyanya, ECM-B10.

Sony Electronics Meluncurkan Mikrofon Terbaru ECM-B10

Lufthi Anggraeni • 16 Agustus 2022 12:25
Jakarta: Sony memperkenalkan mikrofon shotgun beamforming terbaru karyanya, ECM-B10, diklaim berbekal direktivitas tajam dan pemrosesan sinyal digital terdepan di industri karya Sony, dalam faktor bentuk ringkas.
 
ECM-B10 menerapkan pemrosesan sinyal digital pada suara yang dihimpun dengan empat kapsul mikrofon berperforma tinggi menggunakan teknologi beamforming, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan audio direkam dengan meningkatkan sensitivitas mikrofon dari arah berbeda.
 
Mikrofon ini disebut menawarkan tiga jenis arah dalam satu produk sehingga memungkinkan pengguna untuk beralih antara super-direksional, unidireksional dan omnidireksional dengan mudah. Sony menjelaskan bahwa saat menggunakan super-direktivitas, mikrofon ini mengumpulkan suara dari bidang sempit di depan dan menekan suara dari arah lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pengaturan super-direktivitas disebut Sony sebagai pilihan sesuai untuk wawancara, selfie, dan situasi lainnya dengan jangkauan pengumpulan suara terbatas di bagian depan. Sony ECM-B10 juga menawarkan sensitivitas unidireksional yang menekan suara dari belakang sembari mengumpulkan suara dari bidang luas di depan.
 
Sony menyebut bahwa sensitivitas unidireksional ini merupakan pilihan sempurna untuk merekam percakapan antara beberapa orang. Untuk fleksibilitas tambahan, Sony menyebut pengguna juga dapat memilih sensitivitas omnidireksional, yang menangkap suara secara merata dari segala arah dan ideal untuk merekam suara lingkungan.
 
Selain itu, ECM-B10 dapat dipasangkan dengan kamera yang dilengkapi Multi Interface (MI) Shoe, baik analog atau untuk hasil terbaik. Kamera dengan interface audio digital mampu mengirimkan audio secara langsung sebagai sinyal digital untuk menghasilkan rekaman suara berkualitas tinggi tanpa degradasi.
 
Dengan menghubungkan ECM-B10 pada kamera melalui MI Shoe, Sony menyebut pengguna juga dapat merasakan fleksibilitas pengambilan gambar lebih baik tanpa kabel mengganggu layar flip out samping dan penggantian baterai.
 
Daya dipasok secara langsung dari kamera ke mikrofon, sehingga pengguna dapat melanjutkan pengambilan gambar tanpa mengkhawatirkan baterai mikrofon habis. Untuk durabilitas tambahan, Sony ECM-B10 mengusung desain tahan terhadap debu dan kelembaban.
 
Desain ini diklaim Sony memungkinkan pengambilan gambar di luar ruangan tanpa khawatir saat dikombinasikan dengan bodi serta lensa yang tahan terhadap debu dan kelembaban. Sony ECM-B10 terbaru ini akan tersedia di Indonesia mulai bulan Agustus 2022 dengan harga Rp3.999.000.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif