LINE Manfaatkan Chatbot untuk Sediakan Konten Ramadan

Cahyandaru Kuncorojati 26 Mei 2018 04:35 WIB
line
LINE Manfaatkan Chatbot untuk Sediakan Konten Ramadan
Karakter khas dari platform LINE.
Jakarta: Teknologi chatbot bukan hal baru bagi layanan pengirim pesan LINE. Chatbot adalah sebuah robot atau sistem kecerdasan buatan yang diprogram untuk bisa berinteraksi dalam percakapan yang dilakukan manusia.

LINE adalah salah satu layanan yang rajin mengembangkan chatbot. Akun-akun di dalam LINE menggunakan chatbot demi bisa menyajikan layanan atau konten kepada pengguna LINE dengan cara yang lebih interaktif, seperti percakapan layaknya mengobrol dengan sesama pengguna.

Menyabut bulan Ramadan kali ini, mereka mengandalkan chatbot yang memberikan paket konten dan layanan lengkap terkait momen Ramadan dan kegiatan ibadah puasa. Chatbot LINE kali ini diberi nama Marbot (Amalan Ramadan Chatbot) yang bisa ditemukan di akun LINE Ramadan.


Product Manager LINE Indonesia Fauzan Helmi Sudaryanto menuturkan bahwa Marbot membuat pengguna LINE bisa dengan mudah menemukan beragam sesuai kebutuhan di bulan Ramadan.

"Marbot bisa membantu penggunanya untuk Perkuat Iman, mendapatkan Rezeki Anak Saleh, dan Ngabuburit Berfaedah. Di dalamnya juga ada beragam konten yang sudah dikurasi sesuai tema Ramadan," ungkap Fauzan.

Di dalam kategori Perkuat Iman, terdapat konten layanan seperti Pengingat Salat, Kuliah Tujuh Message yang merupakan versi singkat dari Kultum, serta Ujian Agama yang berisi kuis trivia bertema agama.

Pada kategori Rezeki Anak Saleh terdapat tiga jenis konten, yaitu Promo Hari Ini dan Ramadan Hemat yang menampilka promo e-commerce yang terintegrasi dengan LINE Shopping serta Kejutan Poin.

Kemudian di kategori Ngabuburit Berfaedah terdapat tiga jenis konten, yaitu Main Chatbot untuk berinteraksi, Inspirasi Ramadan yang terintegrasi ke layanan LINE Shopping, dan Ngabubu-Rich untuk game LINE Lets Get Rich selama bulan Ramadan.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.