Kamera Huawei P20 Pro Kalahkan Samsung Galaxy Note 9

Cahyandaru Kuncorojati 11 September 2018 17:13 WIB
samsung
Kamera Huawei P20 Pro Kalahkan Samsung Galaxy Note 9
Samsung Galaxy Note 9.
Jakarta: DxOMark baru saja merilis sebuah update di situs resminya dari pengujian terhadap kamera belakang Samsung Galaxy Note 9.

Samsung Galaxy Note 9 masuk dalam jajaran smartphone premium Samsung. Produk ini hadir dengan kamera belakang ganda yang memadukan lensa resolusi 12MP berteknologi dual-pixel dan PDAF. Ukuran sensornya 1/2.55 inci dengan aperture f/1.5-2.4.

Kemudian lensa keduanya bresolusi 12MP dengan ukuran sensor 1/3.6 inci dan aperture f/2.4. Kedua lensanya didukung optical image stabilizer (OIS) dan single LED flash. Kamera tersebut mampu mendukung kemampuan merekam video 4K di resolusi 30/60fps.


Secara keseluruhan Samsung Galaxy Note 9 mendapatkan skor 103 poin yang menempatkannya di posisi kedua kamera smartphone terbaik yang diuji DxOMark.

Sayangnya, skor tersebut belum mampu menggulingkan Huawei P20 Pro yang duduk di posisi pertama alias terbaik dengan skor 109.

Dalam penjelasan DxOMark, kualitas hasil foto Samsung Galaxy Note 9 menampilkan warna yang kaya dan cerah dalam beragam kondisi selain itu kualitas foto juga masih tergolong bagus dalam mode pembesaran atau zoom hingga 4x serta efek bokeh yang disajikan terlihat rapi dan tajam.

DxOMark menemukan bahwa dalam kondisi foto di lokasi yang gelap atau sangat terang terkadang hasil fotonya tidak tajam dengan banyak detil yang menghilang. Pengujian kemampuan fotografi dari kamera smartphone ini tergolong bagus menurut DxOMark.

Beralih ke kemampuan merekam video, hasil pengujian DxOMark menilai bahwa kualitas video dan kamera Samsung Galaxy Note 9 juga dianggap masih bagus. Sepertinya DxOMark tidak banyak menemukan kritik yang bisa diberikan atas kualitas smartphone premium Samsung satu ini.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.