Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Tidak Ada Iklan di YouTube Premium, YouTuber Dirugikan?

Teknologi youtube teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 07 November 2019 13:47
Jakarta: Google baru saja meresmikan layanan YouTube Music dan YouTube Premium di Indonesia. Menariknya, YouTube Premium hadir secara berbayar tanpa hadirnya iklan. Padahal iklan dikenal menjadi sumber pendapatan YouTuber atau kreator konten di platform ini.
 
Ditanya mengenai kondisi tersebut, ternyata pihak YouTube sudah menyiapkan jawaban singkat tentang hal ini. Product Manager YouTube, Brandong Bilinski menyatakan bahwa YouTube tetap akan membagin pendapatan dari YouTube Premium kepada para kreator konten.
 
"Kami memastikan bahwa orang yang telah menyediakan konten yang ditonton di YouTube dan YouTube Music dibayar, baik dari sumber iklan maupun subscription," tuturnya. Diketahui bahwa layanan YouTube Music di dalamnya juta tersedia untuk menikmati opsi musik audio atau menonton video musik tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


YouTube Premium menyediakan langganan berbayar dengan harga Rp59.000 per bulan. Lewat sistem ini YouTube bisa memonetisasi layanannya langsung dari penikmat video. YouTube sendiri tidak merinci porsi bagi hasil kepada YouTuber dari layanan ini.
 
Sebelum kehadiran YouTube Premium beberapa tahun lalu mereka sudah lebih dulu merilis layanan YouTube Red dengan model layanan yang sama. Penggunanya harus berlangganan dengan membayarkan sejumlah uang untuk bisa menikmati konten video tanpa iklan.
 
Jadi, kini YouTube tetap memiliki dua sumber pendapatan. Pertama dari iklan, dan kedua dari subscription atau biaya berlangganan. YouTube Premium di Indonesia hadir membawa beberapa fitur.
 
Pengguna bisa mengakses video secara offline dengan menmgandalkan fitu download video. Kemudian video juga bisa berjalan di latar belakang atau background app. Fitur ini biasanya tidak bisa dilakukan saat pengguna keluar dari aplikasi YouTube.
 
Dijelaskan pihak YouTube bahwa fitur tadi bisa membantu penggunanya tetap menikmati konten sambil melakukan kegiatan lain. Misalnya, mendegarkan konten video talkshow atau wawancara saat di perjalanan berangkat maupun pulang kantor.
 
Meskipun aplikasi YouTube Music Premium dengan tarif Rp49 ribu juga menyediakan layanan menonton video, di dalamnya tetap terselip iklan, video tidak bisa diunduh, dan pemutar video tidak bisa berjalan di belakang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif