Samsung mendaftarkan paten ponsel berlayar dapat digulung.
Samsung mendaftarkan paten ponsel berlayar dapat digulung.

Samsung Patenkan Layar Smartphone Gulung

Teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 13 Juni 2019 09:07
Jakarta: Samsung masih bereksperimen terkait dengan cara merilis generasi selanjutnya dari Galaxy Fold, setelah generasi pertamanya mengalami permasalahan menyoal durabilitas sehingga mengakibatkan penundaan waktu peluncuran.
 
Namun hal ini tidak menghalanginya untuk memimpikan desain ponsel baru, salah satunya ditampilkan via dokumen paten yang didaftarkannya terkait ponsel dengan layar berkemampuan untuk digulung.
 
Gizmodo melaporkan bahwa paten ini menampilkan ponsel dengan tampilan tergolong tradisional saat pertama kali dilihat. Namun saat dibentangkan, ponsel ini didukung oleh layar berkemampuan digulung yang tersimpan di bagian dalam perangkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagian atas layar ini menjadi lokasi penyematan kamera depan dan speaker telepon berkemampuan untuk dibentangkan ke arah luar dari dalam ponsel, menjadikan layar hadir dengan rasio aspek yang tidak biasa.
 
Ponsel dalam dokumen paten ini tampil serupa Blackberry Priv, namun alih-alih menampilkan keyboard QWERTY, pengguna akan mendapati layar dengan ukuran sangat tinggi. Inovatif, namun layar gulung ini bukanlah hal baru di ranah inovasi smartphone.
 
LG menghadirkan layar OLED berkemampuan digulung karyanya ke pasar pada tahun 2019 ini. Corning juga mengumumkan tengah mengembangkan kaca pelindung fleksibel untuk ponsel.
 
Sejumlah pihak menilai, inovasi yang dicantumkan Samsung pada dokumen paten ini belum akan terwujud dalam bentuk produk komersial dalam waktu dekat. Selain itu, dokumen paten ini turut menimbulkan pertanyaan terkait dengan daya tahannya.
 
Keraguan sejumlah pihak tersebut mengingat mekanisme geser yang diusung ponsel dalam paten ini juga memiliki kerentanan terhadap partikel debu yang sama dengan mekanisme yang diusung Galaxy Fold.
 
Sebelumnya, Samsung mengumumkan tanggal peluncuran Galaxy Fold baru, diungkap salah satu eksekutif Samsung, akan tersedia di pasar pada bulan Juli mendatang. Samsung akan segera menyelenggarakan konferensi media terkait peluncuran pada bulan Juli ini.
 
Pada acara konferensi media ini, Samsung diperkirakan akan mengumumkan tanggal peluncuran pasti Galaxy Fold, meski akan berbeda di masing-masing pasar di seluruh dunia. Sementara itu, bocoran gambar sasis Samsung Galaxy Note 10 beredar di internet.
 
Bocoran gambar ini turut mengonfirmasikan bahwa smartphone ini akan hadir dengan kamera depan di lubang bagian depan dan kamera belakang yang tersusun secara vertikal di sudut kiri atas ponsel.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif