Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ikhsan Baidirus.
Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ikhsan Baidirus.

Kemkominfo Siapkan Strategi Logistik Industri 4.0

Teknologi kominfo ecommerce
Lufthi Anggraeni • 28 Oktober 2019 13:12
Jakarta: Era revolusi industri 4.0 berdampak pada berbagai industri, termasuk jasa logistik. Kedua industri ini terkait dengan bisnis ecommerce yang menjadi salah satu industri utama yang berkontribusi dalam bertransformasi ke arah digital.
 
Sebagai regulator, akselerator, fasilitator dan kolaborator, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) mempersiapkan strategi untuk mendorong kemajuan industri di era ini. Dalam lima tahun mendatang, Kemkominfo akan terfokus untuk mengedukasi perusahaan terkait.
 
“Strateginya adalah mengedukasi semua perusahaan yang terlibat dalam penyediaan jasa dan logistik, jasa kurir service dan delivery service pos ini untuk menerapkan teknologi terbaik yang bisa mempercepat, antaranya menjamin akurasinya, kemudian memperkuat sistem tracking tracing-nya, ujung-ujungnya yang menikmati adalah masyarakat, end-user, end-customer-nya,” ujar Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ikhsan Baidirus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenkominfo menyebut akan berupaya merumuskan kebijakan pendukung, guna akan memberikan kemudahan, arahan lebih tepat dan lebih baik, sehingga ekosistem infrastruktur semakin kondusif.
 
Fokus pada layanan pengiriman atau logistik ini ditujukan pemerintah mendukung ekonomi digital sehingga dapat maju secara bersama-sama, dan dapat dinikmati oleh semua sektor, termasuk sektor telekomunikasi.
 
Sebab sektor telekomunikasi berkontribusi dalam mendukung kehadiran infrastruktur internet dan broadband cepat. Sektor ini, jelas Ikhsan, juga harus berkolaborasi dengan sistem transportasi guna mendukung ekonomi digital.
 
Dengan kemajuan logistik ini, Kemkominfo berharap produsen tingkat UMKM, pengusaha kecil dan pengusaha besar dapat ikut menikmati jaringan infrastruktur logistik dan layanan antar barang tersebut.
 
Ikhsan menyebut bahwa sistem logistik tidak dapat dibiarkan berjalan secara konvensional, sebab saat ini, kecepatan menjadi hal yang saat ini paling dibutuhkan oleh masyarakat.
 
Kemkominfo berencana akan menggencarkan pemanfaatan big data dengan teknologi seperti GPS, pengenalan wajah serta sistem geospasial guna mendorong kemajuan ranah logistik.
 
Ikhsan menjelaskan logistik hanya menjadi salah satu dari tiga pilar utama yang perlu didorong untuk memajukan ekonomi digital ini. Dua pilar lainnya yaitu platform bisnis digital atau ecommerce dan sistem pembayaran, juga harus bersinergi secara aktif untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara ekonomi digital.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif