Produk elektronik menjadi kategori produk terfavorit konsumen Indonesia di Festival Belanja Online 11.11.
Produk elektronik menjadi kategori produk terfavorit konsumen Indonesia di Festival Belanja Online 11.11.

Orang Indonesia Gemar Belanja Elektronik di Festival 11.11

Teknologi teknologi ecommerce
Lufthi Anggraeni • 26 November 2019 17:45
Jakarta: Gelaran festival belanja online 11.11 atau dikenal sebagai Single’s Day memang sudah berlalu. Namun gelaran festival ini menyisakan banyak cerita, termasuk temuan menarik bahwa pengeluaran rata-rata konsumen Indonesia pada festival ini mencapai Rp319 ribu.
 
Berdasarkan data dari transaksi belanja online pada gelaran Single’s Day di iPrice, konsumen Indonesia menghabiskan uang mereka pada produk di kategori produk elektronik, diikuti oleh produk perabot rumah tangga dan fesyen.
 
Pada masing-masing kategori ini, konsumen Indonesia menghabiskan uang dengan rata sebanyak Rp409 ribu untuk produk elektronik, Rp203 ribu untuk perabot rumah tangga, dan Rp119 ribu untuk fesyen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, produk kamera dan foto menjadi produk terlaris dalam kategori produk elektronik selama gelaran Single’s Day di Indonesia. Konsumen Indonesia rata-rata menghabiskan uang mereka pada kategori ini sebanyak Rp519 ribu.
 
Sebagian besar konsumen Indonesia juga memanfaatkan festival belanja online 11.11 ini untuk memperbarui produk kebersihan di rumah mereka. Sebab pada kategori perabot rumah tangga, produk peralatan pembersih menjadi produk yang paling banyak dibeli.
 
Konsumen Indonesia rata-rata menghabiskan uang mereka untuk produk kebersihan ini sebanyak Rp230 ribu. Dan pada kategori fesyen, produk untuk wanita khususnya tas menjadi produk paling diminati konsumen Indonesia, dengan pengeluaran rata-rata sebesar Rp805 ribu.
 
Menariknya, produk pada kategori otomotif menjadi salah satu kategori yang kurang mendapat perhatian dari konsumen Indonesia pada gelaran Single’s Day lalu. Rata-rata pengeluaran yang dihabiskan konsumen Indonesia pada kategori ini hanya sebesar Rp104 ribu.
 
Jumlah pengeluaran tersebut menjadikan otomotif sebagai kategori dengan pengeluaran paling rendah jika dibandingkan dengan kategori lain. Jika dibandingkan dengan kategori paling populer, margin rata-rata produk elektronik dan otomotif mencapai Rp305 ribu.
 
Sebagai informasi, data ini merupakan rekaman dari transaksi yang terjadi via halaman iPrice, yang menghubungkan lebih dari 94 juta produk dari 120 pedagang online dan konsumen Indonesia, dan hanya berdasarkan transaksi pada tanggal 11 November 2019 lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif