Google Assistant dilaporkan memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami soal pengobatan.
Google Assistant dilaporkan memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami soal pengobatan.

Google Assistant Lebih Paham Obat Ketimbang Siri?

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 24 Juni 2019 12:56
Jakarta: Google Assistant mungkin bukan nama besar jika dibandingkan dengan Amazon Alexa dan Apple Siri. Namun, Google Assistant dilaporkan memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami soal pengobatan.
 
Penelitian terbaru yang dilakukan Nature Digital Medicine menemukan bahwa asisten perintah suara Google dapat memahami 92 persen nama merek obat dan 84 persen nama obat generik.
 
Persentase ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Amazon Alexa dan Apple Siri, seperti laporan Android Headlines.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amazon Alexa dilaporkan mampu memahami 55 persen nama merek obat dan 46 persen nama obat generik, sedangkan Apple Siri sebanyak 58 persen dan 51 persen nama merek obat. Penelitian ini dilakukan pada ketiga AI ini pada pertengahan 2018 hingga pertengahan bulan Januari 2019.
 
Penelitian ini ketua investigator penelitian dan kepala Klick Health Lab, Yan Fossat, dan peneliti perilaku di University Waterloo, Adam Palanica. Penelitian ini dilakukan dengan memutar 46 audio dengan kata kunci “Tell me about”, dan menunggu asisten suara ini untuk mengidentifikasi obat.
 
Fossat menyebut penelitian ini dilakukan berkat dorongan pertumbuhan permintaan untuk bantuan asisten suara pada industri layanan kesehatan. Asisten perintah suara, lebih dikenal masyarakat sebagai Artificial Intelligence (AI), menjadi populer di sektor mobile.
 
Sebelumnya kemampuan perangkat tersebut masih terbatas pada perangkat speaker cerdas, dan telah mulai tersedia di smartphone, tablet, smartwatch, dan smart TV. Dengan kemampuan tersebut, asisten ini dapat diandalkan untuk berbagai hal seperti memesan tiket pesawat dan kamar hotel serta tiket konser atau film.
 
Tidak hanya mampu mengalahkan Amazon Alexa dan Apple Siri dalam memahami nama merek dan obat generik, Google Assistant juga lebih baik dalam menjawab pertanyaan dengan tepat, menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan bernama Loup Ventures.
 
Penelitian menguji Google Assistant dengan 800 pertanyaan dalam lima kategori dan menemukan bahwa Google Assistant memahami pertanyaan dan menjawab sebanyak 85 persen secara tepat, tujuh persen lebih tinggi jika dibandingkan Apple Siri.
 
Sementara itu, pada tahun 2017 lalu, penelitian ini menemukan bahwa Google Assistant memiliki tingkat IQ setara dengan anak berusia enam tahun, mengalahkan IQ kompetitornya sebesar 10 poin.
 
Jika dibandingkan dengan Amazon Alexa, performa Google Assistant dinilai menarik, sebab Alexa memiliki kemampuan lebih banyak yaitu sebanyak 56.750 sedangkan Google Assistant memiliki kemampuan sebanyak 4.253 di Amerika Serikat.
 
Sejumlah kemampuan Google Assistant terdiri dari memasak nasi dengan Instant Pot Support, menyanyikan lagu Happy Birthday, bercakap-cakap dengan eBay, mengatur alarm bangun tidur, menyirami tumbuhan di halaman belakang, dan mengartikan bahasa asing yang diucapkan secara langsung.
 
Memiliki kemampuan lebih sedikit, Assistant tersedia di 10 kali lebih banyak perangkat jika dibandingkan dengan Amazon Alexa. Tidak hanya lebih baik di bidang konsumen, Google Assistant juga menjadi AI paling diminati di sektor bisnis.
 
Menurut penelitian Pindrop, 78 persen pembuat keputusan Teknologi Informatika (TI) lebih memilih Google Assistant atau Microsoft Cortana pada tahun 2020 mendatang untuk interaksi dengan konsumen di bisnis mereka. Amazon Alexa dipilih sebagai prioritas pada 77 persen bisnis TI.
 
Google Assistant merambah ranah mobile dengan pilihan suara perempuan, dan kini Assistant hadir dengan pilihan suara laki-laki dan perempuan.
 
Google AI juga tersedia di Google Maps pada awal tahun ini, dan Samsung berkomitmen untuk mengintegrasikan Google Assistant dan Amazon Alexa di seluruh Smart TV keluaran tahun 2019.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif