Sony mengumumkan teknologi 360 Reality Audio terbarunya akan meluncur pada akhir musim gugur.
Sony mengumumkan teknologi 360 Reality Audio terbarunya akan meluncur pada akhir musim gugur.

Sony Siapkan Format Audio 360

Teknologi sony
Lufthi Anggraeni • 16 Oktober 2019 11:21
Jakarta: Sony mengumumkan bahwa teknologi 360 Reality Audio terbaru karyanya akan meluncur, dengan dukungan sejumlah mitra. Format ini melibatkan audio spasial berbasis obyek.
 
Audio ini menempatkan berbagai elemen dari musik pada lagu di sekeliling pendengar dalam lingkungan menyeluruh. Pengalaman ini dirancang untuk mereplikasi siaran musik langsung, dengan instrumen dan vokal yang berasal dari berbagai arah.
 
Pada peluncurannya, Sony menyebut 360 Reality Audio akan mendukung 1.000 lagu, termasuk lagu dari seniman seperti Pharrell Williams, Bob Dylan, dan Billy Joel. Sony juga menghadirkan dukungan penampilan langsung dari seniman seperti Charlie XCX dan Kodaline, dan mengubahnya ke format baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sony juga akan menghadirkan dukungan musik dari label rekamannya, namun perusahaan asal Jepang ini mengaku telah bekerja sama dengan Universal, Warner, dan Live Nation untuk menghadirkan lebih banyak konten.
 
Selain itu pada 360 Reality Audio, Sony juga telah bekerja sama dengan Amazon Music HD, Deezer, Tidal dan nugs.net, namun tidak menyebutkan nama Spotify ataupun Apple Music.
 
Meskipun demikian, Sony mengungkap bahwa Amazon menjanjikan kehadiran Echo Studio baru sebagai alat yang dapat digunakan untuk memutar musik via teknologinya secara alami.
 
Sementara itu, speaker lain dapat memanfaatkan decoder Sony 360 Reality Audio ini dengan bantuan kombinasi sejumlah unit speaker dan teknologi pemrosesan sinyal. Namun, pada peluncurannya, dukungan aplikasi mobile untuk menyiarkan audio terbaik dari teknologi Sony ini hanyalah Tidal, Deezer, dan aplikasi nugs.net versi iOS dan Android.
 
Headphone terbaru Sony tertentu diklaim akan dapat menyuguhkan ranah musikal khusus yang lebih baik melalui aplikasi Headphone Connect. Namun Sony enggan berbagi informasi terkait performa yang suguhkannya dengan konten eksternal.
 
Sebelumnya, Sony secara resmi mengumumkan tanggal rilis PlayStation generasi terbaru. Sesuai harapan, konsol generasi terbarunya diberi nama PlayStation 5. Meskipun tidak menyebutkan secara rinci, Sony akan merilis PlayStation 5 pada masa liburan 2020.
 
Kabar ini disampaikan oleh Sony lewat blog resmi mereka. Pernyataan ini ditulis langsung oleh President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan. Tanggal rilis di musim liburan 2020 kemungkinan besar jatuh pada perayaan Natal di Desember 2020.
 
Sony akhirnya menghadirkan dukungan untuk seluruh perangkat Android pengguna sistem operasi Android 5.0 dan seterusnya, untuk aplikasi PS4 Remote Play. Sebelumnya fungsi aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh perangkat seri Xperia.
 
Sony juga telah terlebih dahulu menghadirkan dukungan aplikasi tersebut di perangkat iOS pada bulan Maret lalu. Aplikasi Remote Play memungkinkan pengguna untuk menampilkan konten di PS4 pada ponsel atau tablet via jaringan Wi-Fi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif