Apple I dan berbagai perangkat pendukungnya.
Apple I dan berbagai perangkat pendukungnya.

Apple I Orisinal Terjual Seharga Rp6,8 Miliar

Teknologi apple
Ellavie Ichlasa Amalia • 28 Mei 2019 09:40
Jakarta:Apple I orisinal yang dibuat sendiri oleh salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak pada 1976, terjual dengan harga GBP371.260 atau sekitar Rp6,8 miliar dalam Christie's Auction. Komputer ini terjual lengkap dengan koper kulit dan keyboard.
 
Sekarang, laptop telah menjadi hal yang biasa. Namun, ketika Apple I diluncurkan, ia tidak memiliki casing sendiri. Komputer itu dihargai USD666. Telah dilengkapi dengan keyboard, Anda bisa langsung mencolokkan komputer itu ke TV.
 
Namun, Apple tidak melengkapi komputer tersebut dengan casing. Jadi, soal casing komputer, itu diserahkan pada sang pembeli. Seseorang kemudian mendapatkan ide untuk memasukkan komputer ini ke dalam koper, lapor TechCrunch.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diperkirakan, ada 200 Apple I yang dibuat. Kebanyakan komputer itu telah dihancurkan. Menurut Apple-1 Registry -- yang dioperasikan oleh para penggemar Apple -- ada 68 Apple I yang ada saat ini. Komputer yang dilelang kali ini didaftarkan sebagai nomor 10.
 
Apple I tersebut tadinya dimiliki oleh Rick Conte, yang membelinya untuk belajar pemrograman BASIC. Dia lalu mendonasikannya ke Maine Personal Computer Museum pada 2009. Setelah itu, komputer tersebut berpindah tangan ke beberapa pemilik pribadi.
 
Dalam pelelangan ini, Apple I juga dilengkapi dengan sejumlah barang ekstra, seperti panduan orisinal, sejumlah majalah yang memuat artikel tentang Apple I, berbagai hardware kompatibel seperti printer dot matrix SWTPC PR-40, dan lain sebagainya.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif