Ilustrasi.
Ilustrasi.

Waspada, Ditemukan Lagi 17 Aplikasi Android Berisi Malware Joker

Teknologi teknologi cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 29 September 2020 10:31
Jakarta: Perusahaan keamanan siber bernama Zscaler mengklaim menemukan 17 aplikasi mobile berbagai di Google Play Store yang bisa membahayakan pengguna smartphone Android. Aplikasi ini tampil menyerupai aplikasi asli tapi disusupi oleh malware bernama Joker.
 
Ini bukan kali pertama, di bulan Juli lalu juga dilaporkan 10 aplikasi yang diuntik malware Joker dan ditemukan sudah diunduh oleh banyak pengguna Android. Sementara 17 aplikasi berbahaya yang baru ditemukan diklaim sudah diunduh sebanyak 120.000 kali.
 
Dikutip dari Tech Republic, pihak Google sudah menerima laporan ini dna menghapus 17 aplikasi berbahaya tersebut. Aplikasi ini terdiri dari model PDF scanner, aplikasi SMS, aplikasi penerjemah, dan aplikasi penyuntingan foto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. All Good PDF Scanner
2. Mint Leaf Message-Your Private Message
3. Unique Keyboard - Fancy Fonts & Free Emoticons
4. Tangram App Lock
5. Direct Messenger
6. Private SMS
7. One Sentence Translator - Multifunctional Translator
8. Style Photo Collage
9. Meticulous Scanner
10. Desire Translate
11. Talent Photo Editor - Blur focus
12. Care Message
13. Part Message
14. Paper Doc Scanner
15. Blue Scanner
16. Hummingbird PDF Converter - Photo to PDF
17. All Good PDF Scanner
 
Apa itu malware Joker? Malware jenis ini dilaporkan bisa membaca isi SMS, daftar kontak, dan informasi penting smartphone Anda secara diam-diam. Kabar buruknya malware ini juga bisa membuat Anda berlangganan layanan berbayar yang mahal dan berakibat Anda menerima tagihan tanpa disadari.
 
Malware Joker disebut menjadi musuh bebuyutan Google diakibatkan pelaku pembuatannya terus memodifikasi dan mengembangkan malware ini agar selalu lolos dari pengawasan Google.
 
Google meminta agar pengguna smartphone lebih selektif dalam mengunduh aplikasi. Pihak Zscaler menyarankan pengguna untuk memperhatikan izin akses apa yang diminta oleh aplikasi saat akan digunakan, jangan sampai memberikan akses penuh ke kendali smartphone.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif