Google tengah menguji fitur navigasi memanfaatkan teknologi Augmented Reality pada Google Maps.
Google tengah menguji fitur navigasi memanfaatkan teknologi Augmented Reality pada Google Maps.

Google Uji Fitur Navigasi Maps AR

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 11 Februari 2019 07:12
Jakarta: Pada ajang konferensi pengembang Google I/O lalu, Google mengumumkan fitur baru Google Maps, ditujukan untuk meningkatkan navigasi aplikasi ini bagi pejalan kaki. Fitur tersebut memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan kamera belakang ponsel.
 
Dengan teknologi ini, aplikasi akan menampilkan tampilan langsung dari lokasi, dengan tanda panah di layar sebagai penunjuk arah. Kini, fitur navigasi AR ini tengah diuji oleh Local Guides, yang menggunakan aplikasi dan melakukan peninjauan secara konstan.
 
Menurut Wall Street Journal, pencarian dan pemilihan kedai kopi pada aplikasi ini akan memunculkan tombol Start AR. Menekan tombol ini akan mengubah tampilan aplikasi ke tampilan langsung dan akan meminta pengguna menggerakan kamera perlahan untuk mengunci posisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah Google Maps mengetahui lokasi pasti pengguna, aplikasi akan menyamakan tampilan dari kamera dengan informasi Street View yang tersimpan di server Google. Kemudian, pengguna hanya perlu mengikuti tanda panah yang terpampang dalam ukuran besar di layar ponsel untuk mencapai lokasi tujuan.
 
Google menyebut bahwa fitur AR ini tidak dapat digunakan saat mengendarai kendaraan. Pegawai Google pemimpin proyek ini, Rachel Inman, menyebut bahwa navigasi AR Google Maps ditujukan untuk situasi saat pengguna turun dari kendaraan umum dan tidak tahu arah yang harus dituju.
 
Meletakkan ponsel selama beberapa saat akan menonaktifkan mode AR dan menampilkan antarmuka pengguna Google Maps standar.
 
Sementara itu, untuk mencegah pengguna terlalu memperhatikan layar di hadapan mereka dan berpotensi mengalami kecelakaan, Google Maps akan mengingatkan pengguna untuk meletakan ponsel.
 
Jika pengguna gagal untuk mengimplikasikan saran tersebut, layar ponsel akan menggelap secara otomatis. Hal ini juga ditujukan untuk mencegah konsumsi baterai perangkat pengguna berlebih dan boros.
 
Belum tersedia informasi terkait waktu peluncurannya kepada seluruh pengguna, fitur ini diklaim akan sangat bermanfaat untuk pelancong yang tengah menjelajahi negara asing dengan berjalan kaki, sebab dapat digunakan bersama dengan Google Translate untuk membaca tanda di bahasa pengguna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi