Samsung pamerkan rangkaian televisi cerdas beresolusi 8K di ajang Samsung Forum 2019.
Samsung pamerkan rangkaian televisi cerdas beresolusi 8K di ajang Samsung Forum 2019.

Samsung Forum 2019 Digelar, Pamerkan TV Pintar 8K

Teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 25 Maret 2019 14:58
Singapura: Samsung resmi menghelat Samsung Forum 2019, memperkenalkan rangkaian produk dan peralatan digital terbarunya, termasuk jajaran televisi cerdas dengan dukungan resolusi tertinggi di dunia, yaitu 8K.
 
“Tahun 2019 menjadi perayaan ulang tahun kelima untuk appliance Samsung. Kami terus berupaya menghadirkan inovasi untuk memungkinkan pengguna melakukan hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan,” ujar President Samsung Electronics Singapura Eugene Goh.
 
Samsung turut menyadari pertumbuhan adopsi perangkat pintar termasuk televisi. Tidak hanya menyoal teknologi pendukung televisi sehingga menjadi cerdas, Samsung turut menemukan tren televisi berukuran besar di kalangan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung menyebut pangsa pasar televisi cerdas yang dahulu sebesar enam persen, meningkat menjadi 75 persen. Sebagian besar unit televisi permintaan konsumen tersebut berukuran besar, dengan ukuran terkecil sebesar 55 inci.
 
Karenanya Samsung menghadirkan rangkaian TV cerdas terbarunya, dengan dukungan panel QLED beresolusi 8K, dengan dukungan prosesor Quantum 8K dan teknologi kecerdasan buatan (AI).
 
Dukungan AI hadir dalam fitur AI Upscaling, bertugas membantu konten ditampilkan dalam kualitas layaknya konten beresolusi 8K, meski memiliki resolusi asli standar yang rendah.
 
Dukungan teknologi AI, diklaim Samsung memungkinkan rangkaian televisi untuk mempelajari konten sehingga dapat ditampilkan dengan performa terbaik, berdasarkan konten-konten yang diputar pengguna dan dihimpun dalam database.
 
Dukungan prosesor Quantum dan teknologi AI ini juga diklaim mampu menyuguhkan keluaran audio sesuai dengan tipe konten yang tengah diputar, seperti film, berita atau olahraga.
 
Senior Product Marketing Manager TV dan Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin menjelaskan kehadiran televisi beresolusi tinggi ini juga didukung tren layar besar yang mengharuskan teknologi menyesuaikan demi suguhan tampilan terbaik.
 
Sebab ukuran televisi yang semakin besar tanpa dibarengi dengan dukungan resolusi dan kepadatan piksel per inci lebih tinggi, disebut Ubay, akan menyebabkan tampilan konten tidak nyaman untuk mata karena tampilan menjadi kurang halus.
 
Tidak hanya menyoal tingkat kepadatan piksel per inci, rangkaian TV QLED 8K ini diklaim juga didukung teknologi full direct array, dengan arah cahaya dari belakang dan dukungan lampu backlight lebih banyak, sehingga kontras diklaim tampil lebih baik dan lebih tajam.
 
Rangkaian TV QLED ini hadir dalam empat ukuran yaitu 65 inci, 75, inci, 82 inci, dan 98 inci. Samsung menyebut rangkaian perangkat ini akan dipasarkan dengan harga tidak berbeda dari versi global, sebesar Rp80.499.000 untuk 65 inci, Rp119.999.000 untuk 75 inci, Rp166.999.000 untuk 82 inci dan Rp1.499.000.000 untuk 92 inci.
 
Keempat televisi cerdas ini dijadwalkan tersedia di Indonesia pada bulan Mei untuk berukuran 98 inci, dan tiga varian lain pada bulan April 2019 mendatang. Konsumen telah dapat memesannya melalui program pre-order sejak 25 Maret hingga 4 April 2019.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif