Pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur Telegram untuk mengambangkan bisnis online.
Pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur Telegram untuk mengambangkan bisnis online.

Tips & Trik

Ini Cara Kembangkan Bisnis Online Pakai Telegram

Lufthi Anggraeni • 19 November 2021 11:16
Jakarta: Pandemik Covid-19 memunculkan tantangan bagi dunia usaha secara global, dan Indonesia tidak terkecuali. Pelaku usaha didorong untuk dapat beradaptasi dengan tantangan tersebut selama pandemi, agar dapat bertahan.
 
Sejumlah tantangan ini termasuk kesulitan mendapatkan bahan baku usaha akibat penerapan regulasi pembatasan sosial oleh pemerintah, sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Corona secara lebih meluas.
 
Telegram menjadi salah satu platform digital yang menawarkan berbagai fitur dan dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk semakin mengembangkan bisnis online mereka. Salah satunya adalah dukungan saluran atau channel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Telegram, pelaku usaha dapat menemukan berbagai channel yang membahas seputar bisnis, seperti marketing, sales, dan lainnya. Hal ini memungkinkan pelaku usaha memanfaatkan platform tersebut untuk mendapatkan edukasi terkait berbisnis.
 
Selain itu, Telegram juga menyediakan fitur yang memngkinkan pelaku usaha untuk membuat bot otomatis sebagai fitur dukungan pelanggan atau customer support dari bisnis mereka. Dengan demikian pelaku usaha dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan secara otomatis.
 
Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, pelaku usaha perlu memiliki sedikit kemampuan coding atau bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan layanan pembuatan chatbot untuk bisnis.
 
Selain itu, Telegram juga menyediakan fitur video call yang dapat pelaku usaha manfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan Customer Support. Dengan fitur video call, Telegram menyebut pelaku usaha dapat mengadakan live Q&A bersama pelanggan di grup Telegram. 
 
Cara ini diklaim Telegram juga cukup unik untuk meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan. Untuk menggunakan fitur ini, pelaku usaha dapat menekan simbol chat di ujung kanan atas grup Telegram, dan klik “Continue” untuk mengadakan video call instan.
 
Namun, pelaku usaha kamu juga dapat memilih opsi “Schedule a video call” untuk menjadwalkan agenda live streaming atau live customer support untuk pelanggan mu di grup Telegram untuk layanan yang lebih teratur.
 
Pelaku usaha juga dapat meningkatkan keterlibatan di Instagram via grup Telegram, melalui grup ini umum disebut sebagai Instagram Engagement Groups. Via grup ini, anggota grup saling menyebarkan tautan unggahan Instagram ke Grup Engagement, kemudian anggota grup lain dapat membantu memberikan likes dan komentar pada unggahan masing-masing.
 
Namun, ketentuan ini tergantung pada peraturan yang telah disepakati oleh anggota dan pemilik grup.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif