Selama sebulan penuh, banyak cara dan ide yang dibagikan agar setiap orang bisa menjelajahi, menginspirasi, dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.
“Melalui kampanye Ramadan online #BulanKebaikan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp memberikan berbagai ide dan cara bagi orang-orang di Indonesia untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami," kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia.
"Tren dan data selama Ramadan tahun ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang kami sediakan dapat membantu banyak orang di Indonesia untuk saling berbagi kehangatan, kebaikan dan merayakan kebersamaan secara online di bulan yang suci.”
Sepanjang Ramadan, orang-orang terus memberikan ucapan selamat Ramadan yang diikuti dengan selamat Lebaran di Facebook dan Instagram. Sejak dimulainya Ramadan pada 12 April lalu, ada lebih dari 15 juta orang di Indonesia yang saling bertukar pesar “Happy Ramadan” dan “Happy Eid”.
Khusus di Instagram, ada 15.000 orang yang menggunakan Instagram Live bertemakan Ramadan dan Idul Fitri yang disiarkan dari Indonesia. Selama Ramadan, ada lebih dari 500.000 orang di Indonesia yang bergabung di lebih dari 5.000 Facebook Group terkait Ramadan di tahun ini.
Interaksi selama Ramadan menjadi lebih variatif dan ekspresif dengan stiker khusus yang dikeluarkan oleh Instagram, yang telah digunakan sebanyak 6 juta kali. Selain stiker, ada juga avatar khusus dengan “Ramadan Kareem” menjadi avatar paling populer di Indonesia.
Momen Ramadan identik dengan menu kudapan buka puasa yang khas. Apa kudapan paling populer selama Ramadan? Ternyata “Gorengan”, “Es Campur/Es Buah”, dan “Puding Roti” menjadi tiga menu kudapan berbuka puasa yang paling banyak dibicarakan orang-orang di Facebook.
Adapun saat Lebaran, santapan khas seperti “Ketupat”, “Rendang”, dan “Opor Ayam” menjadi makanan yang paling banyak diperbincangkan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News