Menkominfo Budi Arie Setiadi.
Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Kominfo Klaim Siapkan Kebijakan Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Game

Cahyandaru Kuncorojati • 14 Desember 2023 11:09
Jakarta: Melihat pertumbuhan sektor game yang terus meningkat signifikan terutama di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyakan dukungan untuk pengembangan ekosistem game di Indonesia lewat kebijakan afirmatif.
 
“Kementerian Kominfo berupaya menghadirkan kebijakan afirmatif bagi ekosistem game Indonesia," ujarnya dalam acara penandatanganan MoU Pengembangan e-Sports Desa Kreatif-Weekly Brief Menparekraf, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
 
Menurut data yang dikutip Kominfo dari riset Reedser Analysis pada tahun 2023 ada lebih dari 70 persen penduduk Indonesia yang terpapar game lewat berbagai perangkat.

Menurut Menteri Budi Arie Setiadi, pada tahun 2022, pemain game di Indonesia telah mengunduh 3,45 miliar game online. Kondisi itu menempatkan Indonesia sebagai peringkat kedua negara dengan pemain game online terbanyak di dunia.
 
Mengutip data dari State of Mobile Gaming 2023 dan Statista Market Insight 2023, Menkominfo menyatakan pertumbuhan tersebut diperkirakan terus melaju positif. Pada tahun 2028, diproyeksikan terdapat 45,5 juta pengguna di pasar game online  Indonesia dengan estimasi pendapatan bernilai sebesar USD491.10 Juta  atau hampir Rp6 Triliun.
 
“Potensi ekonomi yang signifikan tersebut tentu harus kita kembangkan secara serius,” ucapnya.
 
Salah satu dukungan nyata Kementerian Kominfo dengan melakukan revisi Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik. Revisi ini merupakan bagian dari penyusunan Perpres tentang Industri Gim Nasional yang bertujuan memperkuat industri game lokal.
 
“Secara prinsip dapat menghadirkan level playing field antara pelaku industri game lokal dan global,” tegas Menteri Budi Arie.
 
Selain itu, Kementerian Kominfo bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) juga mendorong pertumbuhan usaha pelaku gim Indonesia melalui Indonesia Game Developer Exchange (IDGX).
 
Kegiatan IDGX terdiri dari kegiatan game developer mentoring, business matchmaking dan pertukaran informasi melalui berbagai workshop dan diskusi bersama pelaku industri global. 
 
"Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dan nilai produk bagi pengembangan game di Indonesia," ungkap Menkominfo.
 
Dalam acara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengapresiasi inisiatif pengembangan ekosistem gim daring di Desa Kreatif Indonesia yang diperkuat melalui penandatanganan MoU. 
 
"Semoga ke depan semakin banyak talenta digital Indonesia di bidang game yang kreatif, unggul, yang berdaya saing di tingkat nasional maupun global," harapnya. 
 
Di acara tersebut juga hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sandiaga Uno, Staf Khusus Presiden RI sekaligus Dewan Pembina IESPA Diaz Hendropriyono, Ketua Umum ADKI Fikri El-Aziz, dan Ketua Umum IESPA Ibnu Riza.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan