Alibaba Cloud juga meluncurkan robot pengantar barang jarak jauh di ajang Apsara Conference 2020.
Alibaba Cloud juga meluncurkan robot pengantar barang jarak jauh di ajang Apsara Conference 2020.

Alibaba Cloud Juga Luncurkan Robot Pengantar Autonomous

Teknologi teknologi alibaba
Lufthi Anggraeni • 19 September 2020 11:51
Jakarta: Juga dalam acara Apsara Conference 2020, Alibaba Cloud memperkenalkan teknologi canggih baru karyanya, bertajuk Xiomanlv. Teknologi ini berupa robot autonomous yang terfokus pada bidang pengiriman barang jarak jauh.
 
Perubahan yang dihadirkan oleh pandemi, termasuk peningkatan metode kerja dari rumah dan mendorong pemanfaatan e-commerce secara lebih masif, disebut Alibaba Cloud memicu perusahaannya untuk menciptakan solusi relevan dengan biaya efisien.
 
“Tren di ritel baru dan layanan online telah mendorong kebutuhan untuk layanan pengiriman. Angka pengiriman per hari diperkirakan akan melampaui satu milyar dalam waktu dekat. Pengiriman mil terakhir menjadi bagian paling mahal dan tidak efisien dari rantai pasokan,” ujar Presiden of Alibaba Cloud Intelligence Jeff Zhang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kehadiran Xiomanlv ini juga disebut Alibaba Cloud sebagai buah pikiran dari prediksi menyoal lonjakan permintaan layanan pengiriman cepat, akibat ritel gaya baru dan bisnis layanan lokal yang berkembang di dunia, seiring dengan proses digitalisasi yang kian banyak dilakukan berbagai lini industri.
 
Xiomanlv merupakan robot yang berbekal baterai sebagai tenaga penggerak utama dan dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy. Robot ini diklaim mampu membawa 50 paket dalam waktu bersamaan dan menempuh jarak hingga 62 mil atau 100 kilometer dalam satu kali pengisian daya baterai.
 
Zhang menjelaskan bahwa robot ini mampu mengirimkan sebanyak 500 paket dalam satu hari ke satu komunitas atau kampus tujuan, guna memenuhi peningkatan permintaan menyoal pengiriman paket jarak jauh dan cepat di Tiongkok.
 
Xiomanlv didukung oleh teknologi pembelajaran robot intelegensi berkemampuan untuk menjadwalkan rute serta mendukung kemampuannya untuk bermanuver saat tengah berada di lingkungan dengan kepadatan tinggi.
 
Alibaba Cloud juga membekali robot ini dengan teknologi pendeteksi posisi berdefinisi tinggi, diklaim memungkinkannya untuk beroperasi dalam berbagai kondisi sinyal GPS, termasuk saat sinyal lemah bahkan tidak ada sama sekali.
 
Sebagai informasi, Xiomanlv memanfaatkan platform komputasi yang dikembangkan secara langsung oleh Alibaba CLoud dan bersifat heterogen. Selain itu, robot ini juga memanfaatkan teknologi 3D Point Cloud Semantic Segmentation (PCSS) dan deep learning.
 
Dengan teknologi tersebut, robot ini diklaim mampu mengidentifikasi hambatan dan memprediksi arah pergerakan manusia, kendaraan dan benda bergerak di sekitarnya dalam kurun waktu beberapa detik sebelumnya, bertujuan untuk menjaga keselamatan.
 
Tidak hanya untuk jasa pengiriman barang, Alibaba Cloud mengungkap bahwa pihaknya juga berencana untuk memanfaatkan robot Xiomanlv sebagai robot layanan pelanggan di bandar udara dan robot pemandu wisata di berbagai lokasi wisata.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif