Facebook menguji fitur Instagram bertajuk Reels di India, sebagai respon dari pemblokiran TikTok.
Facebook menguji fitur Instagram bertajuk Reels di India, sebagai respon dari pemblokiran TikTok.

Manfaatkan Blokir TikTok, Instagram Hadirkan Reels di India

Teknologi teknologi instagram tiktok
Lufthi Anggraeni • 07 Juli 2020 17:15
Jakarta: Facebook tengah menguji fitur Instagram Reels, alat editing video yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menciptakan video berdurasi 15 detik serupa TikTok, dan dapat dibagikan di Instagram Story, kirim via DM atau unggah di bagian tab Explore bertajuk Top Reels, di India.
 
The Verge melaporkan bahwa informasi ini beredar beberapa hari setelah pemerintah India memblokir TikTok, bersama 58 aplikasi asal Tiongkok lainnya. Sejumlah pengguna Instagram di India telah mulai menerima fitur baru ini melalui update.
 
Dan perwakilan Facebook mengonfirmasi bahwa perusahaannya berencana untuk merilis fitur secara lebih luas. Namun, perwakilan Facebook ini menolak untuk memberikan informasi lebih detail terkait tanggal peluncuran atau negara yang akan disambanginya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengguliran fitur Reels ke seluruh dunia tergolong lambat setelah pertama kali diluncurkan dalam program pengujian di Brasil pada tahun 2019 lalu, baik untuk perangkat iOS maupun Android. Dan pada bulan Juni lalu, TechCrunch melaporkan bahwa fitur ini telah tersedia di Prancis dan Jerman.
 
Facebook juga baru-baru ini mengumumkan penghentian operasionalisasi aplikasi video mandiri bergaya serupa TikTok karyanya, Lasso. Sejumlah pihak berspekulasi bahwa keputusan tersebut sebagai hasil dari rencana peluncuran fitur Reels ini.
 
Selain itu, Facebook sebelumnya telah mengintegrasikan fitur serupa dari aplikasi kompetitor ke dalam layanan karyanya, untuk dapat bersaing secara lebih baik. Sebagai contoh pada tahun 2016, Facebook menghadirkan fitur serupa Snapchat pada platform Instagram, yaitu Stories.
 
Dalam bocoran informasi berformat audio, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengaku telah menemukan sejumlah persamaan antara TikTok dan tab Explore di Instagram. Ini mengindikasikan bahwa hal tersebut berperan besar dalam upaya Facebook untuk berkompetisi dengan pesaing asal Tiongkok.
 
Sebelumnya, Facebook mengumumkan update untuk Instagram dengan dukungan Messenger Rooms berkemampuan menampung hingga 50 partisipan. Dengan demikian, pengguna Instagram dapat melakukan panggilan video dengan jumlah partisipan hingga 50, via Messenger Rooms.
 
Untuk memulai panggilan video dengan rekan di Instagram, pengguna hanya perlu mengakses fitur Direct Messages, ketuk ikon video chat di bagian atas layar, kemudian pilih opsi Create a Room baru. Setelahnya, pengguna dapat memilih teman sebagai penerima undangan.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif