Jangkauan layanan telekomunikasi 3 Indonesia.
Jangkauan layanan telekomunikasi 3 Indonesia.

2021, Tri Pasang Jaringan Telekomunikasi di Indonesia Timur

Teknologi teknologi telekomunikasi tri
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Februari 2020 08:09
Jakarta: Dalam perkenalan layanan koneksi 4,5G, Hutchinson 3 (Tri) Indonesia membeberkan pencapaiannya di tahun 2019. Koneksi 4,5G sendiri diklaim sebagai persiapan mereka membawa 5G.
 
4,5G ini dijelaskan oleh Tri Indonesia sebagai koneksi dengan kecepatan delapan kali lipat dibandingkan 4G yang diperkenalkan tahun 2016 di Indonesia. Tidak disebutkan berapa kecepatan unduh atau unggah yang disajikan.
 
Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah menyebutkan bahwa layanan 4G mereka yang kini menjadi 4,5G bisa digunakan 200 juta penduduk Indonesia. Lebih detil lagi, menjangkau 30 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal menarik dari presentasi pihak Tri Indonesia adalah, jangkauan layanan mereka belum mencapai Indonesia bagian timur. Misalnya, kepulauan Maluku dan sekitarnya, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, serta Papua.
 
Chief Technology Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung angkat bicara. Dia mengakui bahwa perusahaannya sedang merencanakannya tahun ini dan kemungkinan tahun depan sudah tersedia.
 
"Saat ini kami masih tinjau, kami optimistis di 2021 bisa ada jaringan di sana (wilayah Timur) dan itu (jaringan) 4G," jelas Danny menambahkan pernyataan Desmond.
 
"Kami mengapresiasi dukungan pemerintah dengan adanya Palapa Ring yang pembangunannya sudah selesai tahun lalu. Kami menjadi semakin yakin membangun jaringan di sana," lanjut Danny.
 
Artinya, Tri termasuk yang menunggu kesiapan dari infrastruktur fiber Palapa Ring yang menyediakan internet cepat dari tiap ujung wilayah Indonesia. Infrastruktur tersebut digarap oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI).
 
Kehadiran Palapa Ring menjadi bantuan bagi operator telekomunikasi untuk mau menyediakan layanan dan memberikan dukungan telekomunikasi untuk kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Kawasan ini dinilai tidak cukup menguntungkan bagi operasional operator dan membutuhkan belanja modal yang besar.
 
Palapa Ring yang terdiri dari paket Barat, Tengah dan Timur sudah rampung dan diresmikan tahun lalu di era Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Pihak Tri sendiri belum bisa menyebutkan kawasan Indonesia bagian timur yang akan merasakan layanan Tri pertama kalinya.
 
"Belum bisa bilang (wilayah-wilayahnya), tapi yang pasti, wilayah dengan penduduk padat akan menjadi prioritas. Salah satunya adalah Papua. Saat ini kami sedang network planning di sana," jawab Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif