Sesi Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Jenama Lab
Sesi Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Jenama Lab

Jenama Lab, Wadah untuk Bantu UMKM Pahami Pentingnya Brand

Mohammad Mamduh • 13 Juni 2023 11:31
Jakarta: Jenama Lab, sebuah platform untuk mengembangkan UMKM yang diciptakan oleh Mbloc Academy dan didukung oleh Kadin Indonesia, GreatNusa, Binus Business School, dan Sirclo resmi meluncur.
 
Kurangnya pemahaman para wirausaha terhadap jenama, pengembangan jenama (brand development) dan pemasaran menjadi salah satu tantangan terbesar untuk UMKM. Jenama sering dinilai hanya sebuah visualisasi produk yang baik. Namun realitanya, banyak faktor yang bisa menentukan baiknya sebuah jenama sehingga pengembangan UMKM menjadi lebih positif.
 
Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kadin Indonesia, Triawan Munaf mengatakan bahwa jenama merupakan salah satu kunci penting dalam pengembangan UMKM.
 
“Keberadaan Jenama Lab ini akan membantu UMKM juga para pelajar dan institusi pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan dalam memasarkan produknya dan juga berinovasi dalam mengembangkan sebuah produk,” ucap Triawan.
 
Triawan juga menegaskan bahwa Kadin Indonesia sangat mendukung perkembangan Jenama Lab, terutama mengingat pentingnya branding dan pengembangan produk terhadap profitabilitas UMKM jangka menengah dan panjang.
 
“Kami juga berkomitmen untuk menyediakan akses untuk mengembangkan skill/keterampilan dengan bidang terkait dan akses kepada perusahaan-perusahaan besar negeri maupun swasta, hingga mendorong UMKM untuk menggunakan platform Jenama Lab,” lanjutnya.
 
Handoko Hendroyono, Direktur Utama MBloc Group menyampaikan bahwa dalam pengembangan Jenama Lab, Mbloc Academy berperan sebagai pusat pengembangan studi jenama yang menyediakan ilmu, keterampilan, juga studi kasus nyata terkait jenama. Penerapan dari materi-materi dalam program akan dipandu dan didampingi oleh mentor yang merupakan praktisi.
 
“Program ini didukung oleh berbagai pihak, dari pemerintah, industry leaders, akademisi, hingga komunitas wirausaha se-Indonesia dengan materi-materi yang dibawakan berupa sharing session oleh ahli praktisi dan alumni Mbloc Academy, lab praktikum jenama, blended learning, dan studi kasus  untuk membantu pengembangan jenama UMKM,” ucap Handoko.
 
Binus Business School juga membantu merancangkan silabus, membuat studi kasus, serta mendampingi UMKM dalam mengembangkan jenamanya. Ratusan dosen dan mahasiswa serta ribuan alumni telah menyampaikan kesediaan untuk membantu mempercepat pembelajaran pengembangan jenama. 
 
Firdaus Alamsjah, Deputy CEO GreatNusa mengatakan bahwa GreatNusa juga turut mendukung inisiatif ini melalui penyediaan solusi pragmatis dalam bentuk platform pembelajaran berkolaborasi dengan Binus Business School yang dapat diakses oleh seluruh penyelenggara UMKM. 
 
Menyambut kemitraan strategis ini, Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions, Sirclo mengatakan, setelah hampir 10 tahun menyokong akselerasi digitalisasi UMKM, mereka memahami pentingnya peranan jenama dalam memperkuat identitas bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.
 
Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi dari tantangan bagi UMKM khususnya terkait pengembangan jenama, pemasaran, serta kepemimpinan pelaku UMKM.
 
Selanjutnya, kerja sama ini juga diharapkan dapat mewujudkan ekosistem pelatihan jenama dan pengembangan kompetensi bisnis yang memiliki sistem pembelajaran terstruktur untuk masa depan UMKM Indonesia yang lebih berkompetensi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan