Windows 11. Foto: Microsoft
Windows 11. Foto: Microsoft

Mau Update Windows 11? Pertimbangkan 3 Masalah Ini

Teknologi microsoft windows Windows 11
Cindy • 12 Oktober 2021 18:07
Jakarta: Sistem operasi Windows 11 besutan Microsoft telah resmi mengudara sejak Selasa, 5 Oktober 2021. Windows 11 ini hanya bisa diunduh dan diperbarui (update) sejumlah perangkat yang kompatibel. 
 
Meski dirilis secara gratis, pengguna perlu berpikir ulang untuk update ke Windows 11. Dilansir dari Techradar, seorang analis sistem operasi Stephen Klenyhans menyatakan tingkat risiko terkait Windows 11 generasi awal cenderung sedang. 
 
Menurutnya, tiga kategori potensi isu yang diberikan Windows 11 cukup menjadi pertimbangan. Ketiganya, yaitu pengalaman pengguna, kecocokan aplikasi, dan dukungan perangkat keras (hardware). 

3 Pertimbangan Update Windows 11

Pertama, Windows 11 masih dalam tahap uji coba pengembangan awal yang berarti Microsoft akan mengumpulkan banyak umpan balik dari pengguna. Sehingga, pengguna di periode awal ini memiliki dua kemungkinan, yakni mendapat pengalaman baru yang menyenangkan atau malah sebaliknya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, masih banyak aplikasi yang belum sepenuhnya dioptimasi dengan sistem operasi terbaru keluaran Microsoft itu. Hal tersebut tentu akan menganggu aktivitas pengguna yang memakai sejumlah aplikasi untuk pekerjaan dan bisnis. 
 
"Ini berarti sejumlah aplikasi akan menerima pembaruan selama tahun depan untuk lebih mengadopsi tampilan dan rasa dari Windows 11, dan untuk meningkatkan kemampuan baru. Ini bisa jadi gangguan tambahan untuk pengguna," ungkap Klenyhans, dikutip dari Techradar, Selasa, 12 Oktober 2021. 
 
Baca: Mau Update Windows 11 Secara Gratis? Simak Syarat dan Caranya
 
Kleyhans menambahkan pengguna generasi awal Windows 11 akan menghadapi sejumlah isu tak terduga terkait kompatibilitas perangkat keras. Meskipun perangkat mereka telah memenuhi syarat ketat yang diberikan Windows 11. 
 
Ini dikarenakan sistem operasi baru yang digunakan oleh bermacam-macam perangkat dengan konfigurasi berbeda, akan mengalami penerimaan yang berbeda-beda. Berdasarkan pertimbangan itu, sejumlah pengguna yang tidak ingin berada di tahap 'perkembangan' Windows 11 agar tidak melakukan update terlebih dahulu. 

Masalah di Windows 11

Sejumlah pengguna yang telah memakai Windows 11 mengeluh mengalami beberapa kendala. Mulai dari performa internet yang menurun, kerusakan pada menu pencarian di menu Start, hingga perangkat yang melambat. 
 
Pada pekan lalu, produsen chip komputer AMD juga mengumukan penurunan performa cukup besar, hingga 15 persen, pada beberapa perangkat yang di-update ke Windows 11. Sehingga, pengguna dianjurkan tidak mengunduh Windows 11 terlebih dahulu atau menunggu sistem operasi lebih matang.  
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif