Kartu uang elektronik E-Money.
Kartu uang elektronik E-Money.

Tips & Trik

Mudik Lewat Tol, Begini Cara Cek Saldo E-Money di Android

Teknologi tips dan trik teknologi Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Cahyandaru Kuncorojati • 26 April 2022 10:39
Jakarta: Sebagian besar masyarakat Indonesia dipastikan bakal kembali melakukan perjalanan mudik Lebaran setelah dua tahun tertunda akibat kondisi pandemi Covid-19.
 
Banyak dari mereka yang juga akan mudik dengan kendaraan pribadi dan pastinya akan sangat mengandalkan kartu uang elektronik yang diterbitkan perbankan.
 
Kartu uang elektronik atau yang dikenal juga sebagai Mandiri E-Money, BCA Flazz, BRI Brizzi, dan BNI TapCash sudah biasa digunakan untuk pembayaran tol. Cara ini dinilai lebih praktis dan cepat dibandingkan uang tunai sehingga tidak menyebabkan antrian di gerbang tol saat mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun hal yang selalu diingat adalah pastikan saldo E-Money, Flazz, Brizzi, maupun TapCash Anda terisi penuh. Cara cek saldo E-Money maupun yang lain sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah apabila smartphone Android Anda memiliki NFC.
 
Fitur NFC memiliki fungsi utama yang populer di masyarakat Indonesia yaitu bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo E-Money maupun kartu uang elektronik lain. Sayangnya, sebagian dari Anda mungkin enggan membeli smartphone baru hanya untuk ini, mungkin karena keterbatasan dana atau THR sudah digunakan untuk yang lain.
 
Dahulu fitur NFC hanya tersedia di smartphone kelas menengah ke atas dan kelas high-end namun kini banyak dan bisa ditemukan di smartphone Harga Rp1-2 juta. Fitur NFC juga semakin penting karena banyak aplikasi pembayaran digital atau cashless yang menggunakannya.
 
Medcom.id sudah mengumpulkan sejumlah cara mengecek saldo E-money tanpa NFC, cara ini juga bisa digunakan pada kartu uang elektronik yang lain.
 
Cek saldo E-Money di ATM
Kini hampir semua mesin di anjungan ATM di luar kantor cabang perbankan seperti minimarket dan rest area sudah menggunakan mesin terbaru yang menyediakan fitur cek saldo E-Money dan kartu uang elektronik lain.
 
Cara cek saldo E-Money di ATM juga semakin mudah karena Anda tidak perlu memasukan kartu debit atau kartu ATM ke mesin, kecuali Anda juga ingin mengisi saldo atau top-up E-Money.
 
1. Tekan Tombol Accept di mesin ATM
2. Pilih Mandiri E-Money saat menu muncul 
3. Lanjutkan dengan memilih Informasi Saldo
4. Tempelkan kartu Mandiri E-Money di panel khusus yang ada di mesin ATM, biasanya ditandai dengan gambar kartu E-Money dekat tombol angka
5. Informasi saldo akan keluar di tampilan layar, apabila Anda baru saja mengisi atau top-up lakukan cara yang sama dengan memilih menu Update Saldo.
 
Cek saldo E-Money di minimarket
Sebelum berangkat mudik, Anda juga bisa mendatangi minimarket seperti Indomaret dan Alfamart terdekat untuk melakukan cek saldo E-Money maupun kartu uang elektronik lain. Mereka akan menggunakan mesin EDC yang biasa digunakan untuk pembayaran kartu debit.
 
Satu hal yang kurang nyaman adalah ketika Anda hanya melakukan cek saldo tanpa berbelanja, makanya Anda sebaiknya melakukan cek saldo sekaligus top-up E-Money saat berada di minimarket. Catatan, setiap proses top-up di sini akan dikenakan biaya Rp1.000 hingga Rp2.000.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif