Galaxy S8 dilengkapi dengan fitur Face Unlock. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)
Galaxy S8 dilengkapi dengan fitur Face Unlock. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)

Pengunci Wajah Samsung Galaxy S8 Bisa Dibobol Pakai Foto

Teknologi samsung galaxy s8
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 April 2017 15:20
medcom.id:Kemampuan untuk membuka kunci ponsel dengan pengenalan wajah atau face recognition memang terdengar sangat membantu. Namun, keberadaan fitur Face Unlock pada Galaxy S8 mungkin justru membuatnya mudah untuk dibobol.
 
Seorang YouTuber menunjukkan bagaimana dia membuka kunci Galaxy S8 dengan memberikan foto selfie-nya. Setelah gagal beberapa kali, kunci Galaxy S8 kemudian terbuka.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti yang disebutkan oleh CNET, sebelum ini, Samsung telah mengakui bahwa fitur Face Unlock memang bertujuan untuk memudahkan pengguna membuka kunci ponsel tapi tidak mengutamakan keamanan. Karena itulah, ia tidak bisa digunakan untuk pembayaran mobile.
 
Pada 2011, Google mengakui bahwa Face Unlock buatan mereka yang pertama kali muncul di Android 4.0 Ice Cream Sandwich juga bisa ditipu dengan foto. Namun, ada juga sistem pengenalan wajah yang cukup baik. Windows Hello dikabarkan bisa membedakan antara 2 orang kembar identik. Samsung tidak segera memberikan tanggapan atas hal ini.
 
Menurut Mac Rumors, bulan lalu, Samsung dikabarkan memutuskan untuk menambahkan fitur Face Unlock ke Galaxy S8 karena adanya keraguan akan kecepatan dari fitur pemindai iris mata. Jadi, kemungkinan, software dari Face Unlock memang masih belum sepenuhnya sempurna.
 
Tampaknya, Samsung menggunakan teknologi pengenalan wajah 2D standar, yang memang telah terbukti bisa ditipu dengan gambar.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif