Prosesor Apple A12 Mulai Produksi Tahun Ini

Ellavie Ichlasa Amalia 23 Mei 2018 14:51 WIB
appleiphone
Prosesor Apple A12 Mulai Produksi Tahun Ini
Rekan manufaktur Apple dikabarkan telah mulai produksi chip untuk iPhone tahun ini. (AFP PHOTO / Don EMMERT)
Jakarta: Prosesor yang akan menjadi otak iPhone yang akan diluncurkan tahun ini dikabarkan telah mulai diproduksi. Rekan manufaktur Apple, Taiwan Semiconductor Manufacturing telah mulai memproduksi prosesor yang diduga akan dinamai A12.

Chip tersebut akan memiliki desain 7 nanomenter, yang disebutkan akan membuat prosesor tersebut menjadi lebih cepat dan lebih efisien dari chip 10 nanometer yang digunakan pada perangkat iPhone sekarang. 

CNET melaporkan, chip ini bisa membantu perangkat Apple menjalankan aplikasi lebih cepat dan membuat daya baterai perangkat bertahan lebih lama.


Kedua hal ini bisa menjadi kelebihan milik iPhone yang tidak dimiliki oleh perangkat lain dalam industri perangkat mobile yang kini mulai stagnan. 

Diduga, alasan pasar perangkat mobile menjadi stagnan adalah karena kurangnya inovasi dalam desain perangkat dan semakin lamanya pengguna menggunakan smartphone yang mereka miliki. 

Apple berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka dalam pasar global pada Q1 2018, meski pasar mengalami penurunan secara keseluruhan.

Perusahaan asal Cupertino itu berharap, mereka bisa melanjutkan tren ini dengan prosesor 7 nanomenter mereka. Namun, Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan chip 7 nanometer. 

Pada hari Selasa, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan mulai memproduksi chip 7 nanomenter, menggunakan litografi ultraviolet ekstrem. Metode ini memungkinkan Samsung untuk menanamkan komponen yang lebih kecil pada prosesor. 

Apple menolak berkomentar terkait hal ini.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.