Fasilitas ini merupakan service hub ketiga Schneider Electric di Indonesia, melengkapi dua fasilitas yang sudah ada di Jakarta dan Surabaya. Kehadiran Service Hub Batam menegaskan komitmen Schneider Electric dalam memastikan keandalan operasional, mendekatkan layanan pelanggan, dan menyediakan kesiapan teknis berstandar global di tingkat lokal.
Service Hub Batam diharapkan memainkan peran krusial dalam meningkatkan kecepatan respons layanan dan memastikan pemenuhan Service Level Agreement (SLA). Selain itu, fasilitas ini juga akan mendukung pengembangan kompetensi tenaga kerja lokal melalui mini training center yang menyediakan pelatihan berstandar internasional.
Dengan dukungan teknis yang tersedia 24 jam sehari dan sistem manajemen suku cadang kritikal, Service Hub Batam menjadi simbol penerapan standar layanan global Schneider Electric di Indonesia.
Sebagai bagian dari strategi global layanan berkelanjutan Schneider Electric, Service Hub Batam juga menghadirkan portofolio layanan unggulan yang mengintegrasikan teknologi digital, kecerdasan buatan, dan sistem pemantauan jarak jauh.
Solusi-solusi seperti EcoCare, EcoFit, dan EcoConsult ditawarkan untuk mendukung efisiensi serta keberlanjutan operasional industri nasional. Melalui pendekatan proaktif dalam pemeliharaan aset, modernisasi sistem kelistrikan, serta konsultasi berbasis digital twin, perusahaan berupaya meningkatkan keandalan dan performa operasional pelanggan.
Martin Setiawan, President Director Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, menyatakan, mereka ingin menunjukkan komitmen nyata untuk mendekatkan layanan kepada pelanggan di wilayah Indonesia Barat, memperkuat dukungan lokal, dan memastikan keberlanjutan bisnis mereka tetap terjaga, khususnya bagi pelanggan di sektor data center.
Ia menambahkan bahwa fasilitas ini juga merefleksikan visi global Schneider Electric dalam konteks lokal Indonesia, yaitu menjadi mitra teknologi energi bagi pelanggan di setiap industri, infrastruktur, data center, dan hunian, untuk mendorong efisiensi dan keberlanjutan bagi semua.
Pemilihan Batam sebagai lokasi Service Hub didasarkan pada posisinya yang sangat strategis sebagai pusat industri dan digital di Indonesia Barat. Berdasarkan data Badan Pengusahaan (BP) Batam, nilai investasi di Batam mencapai Rp33,72 triliun pada semester I 2025, menunjukkan pertumbuhan signifikan sebesar 64,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Realisasi investasi asing (PMA) juga mencapai USD11,53 triliun hingga pertengahan 2025, menegaskan posisi Batam sebagai salah satu destinasi investasi utama di Indonesia.
Pertumbuhan ini didukung oleh pesatnya ekspansi sektor manufaktur, dengan fokus pada industri elektronik, permesinan, dan teknologi tinggi, serta pembangunan infrastruktur data center yang memperkuat posisi Batam sebagai pusat ekonomi digital kawasan.
Kehadiran Service Hub Batam diharapkan dapat mempercepat waktu tanggap pelayanan, meningkatkan keandalan operasional, dan memberikan kontribusi nyata bagi penguatan infrastruktur data center nasional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
                    Google News
                
            Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
 
   
	 
                     
                     
                     
                     
                    