Snapchat memiliki alat bernama SnapLion. (Photo by Robyn BECK / AFP)
Snapchat memiliki alat bernama SnapLion. (Photo by Robyn BECK / AFP)

Pegawai Snap Bisa Mata-Matai Pengguna Snapchat

Teknologi media sosial snapchat
Ellavie Ichlasa Amalia • 24 Mei 2019 15:44
Jakarta:Para pekerja Snapchat dari beberapa departemen yang berbeda dilaporkan bisa mengetahui lokasi pengguna, Snaps yang disimpan, nomor ponsel, dan alamat email menggunakan alat yang disebut SnapLion.
 
Masih belum jelas siapa saja yang bisa menggunakan alat itu. Seorang mantan pekerja Snapchat berkata bahwa alat itu telah digunakan "beberapa kali" di Snap. Motherboard berbicara dengan empat mantan karyawan dan satu karyawan Snap untuk memverifikasi keberadaan alat SnapLion.
 
Dua mantan karyawan menyebutkan bahwa penggunaan SnapLion terjadi "beberapa tahun lalu". Namun, tidak diketahui apakah alat itu masih digunakan sampai sekarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Email yang didapatkan oleh Motherboard menunjukkan bahwa seorang pekerja menggunakan alat itu untuk melihat alamat email pengguna meski dia tidak diminta oleh pihak berwajib.
 
Snap tidak segera menjawab permintaan untuk berkomentar, menurut laporan Engadget.
 
Satu hal yang menarik dalam kasus ini adalah betapa mudahnya karyawan dari berbagai departemen menggunakan SnapLion. Para karyawan itu menggunakan alat tersebut untuk tujuann internal seperti mengurus spam dan perlakuan kejam.
 
Snap bukanlah satu-satunya perusahaan yang memiliki alat serupa SnapLion. Mereka juga bukan satu-satunya perusahaan yang membiarkan pegawai menggunakan alat itu.
 
Sebelum ini, Facebook memecat seorang ahli keamanan karena menggunakan data pribadi untuk mengintai para wanita.
 
Sementara itu, Uber memiliki alat bernama "God View" yang akan menunjukkan lokasi pengendara, yang mendorong Jaksa Penuntut Umum New York untuk melakukan penyelidikan.
 
Baik Uber dan Facebook menangani skandal tersebut dengan mengatakan bahwa mereka akan lebih ketat dalam menjaga privasi penggunanya.
 
Snap belum mengonfirmasi apakah karyawannya memang menyalahgunakan keberadaan SnapLion. Namun, jika itu memang terjadi, maka karyawan yang menggunakan alat itu akan dipecat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif