Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ericsson Lakukan Penyempurnaan Implementasi 5G

Teknologi telekomunikasi ericsson
Cahyandaru Kuncorojati • 02 Juli 2019 10:38
Jakarta: Ericsson mengumumkan penyempurnaan terbaru dari software pendukung teknologi jaringan 5G.
 
Meskipun teknologi jaringan 5G belum sepenuhnya diimplementasi di banyak negara, Ericsson mengklaim visi untuk mempercepat pemanfaatan ekosistem 5G dengan software dan hardware yang ada.
 
Setelah memperkenalkan teknologi non-standalone (NSA) 5G Neww Radio (NR), kini Ericsson memperkenalkan standalone NR software. Solusi yang ditawarkan adalah membentuk arsitektur jaringan baru dengan latensi sangat rendah dan jangkauan jaringan lebih luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ericsson juga mengklaim mengembangkan solusi cloud yang dioptimalkan untuk kemampuan edge computing. Hal ini akan memungkinkan penyedia untuk menawarkan layanan baru berbasis 5G yang sangat mengandalkan koneksi latensi rendah.
 
"Fokus kami adalah untuk terus mendukung kesuksean para pelanggan kami akan 5G," tutur Executive VP and Head of Business Area Networks Ericsson, Fredrik Jejdling.
 
Ericsson memastikan bawah software standalone 5G NR kompatibel dengan hardware Ericsson Radio System yang sudah. Solusi 5G dual-mode Cloud Core Ericsson yang didalamnya juga mendukung kebutuhan arsitektur jaringan, network slicing, dan pembuatan layanan baru yang cepat bagi operator.
 
Dijelaskan bahwa saat ini sebagian besar operator akan mulai dengan menggunakan 5G non-standalone kemudian akan berganti menjadi 5G standlone saat jangkauan jaringan 5G sudah diimplementasikan dan luas. Ericsson mengingatkan bahwa mereka tetap tidak meninggalkan ekosistem low bands.
 
Ericsson telah meluncurkan Inter-band NR Carrier Aggregation sebagai fitur yang memperluas jangkauan dan kapasitas NR pada mid bands dan high bands sehingga bisa termasuk low bands di dalamnya. Pada solusi network edge Ericsson juga telah mengembangkan solusi Edge Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI).
 
Ericsson NFVI nerupakan solusi cloud yang diklaim mendukung distribusi konten end-to-end yang memungkinkan menggelar layanan baru di cloud dengan lantensi rendah dan bandwidth tinggi.
 
Tidak hanya di sisi teknologi, menyambut 5G, Ericsson juga mengklaim menyediakan program pengembangan SDM berupa sertifikasi mitra untuk penggunaan teknologi Virtual Netwok Functions (VNF) dari Ericsson. Program bernama Ericsson Partner VNF Certification Service ini terbuka bagi seluruh vendor VNF dengan memanfaatkan fasilitas Ericsson Labs.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif