Vice President of Asia Pacific & Japan Rubrik Kamal Brar
Vice President of Asia Pacific & Japan Rubrik Kamal Brar

Rubrik Siap Lebarkan Sayap di Indonesia

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 24 September 2019 10:05
Jakarta: Perkembangan teknologi di bidang komputasi awan di Indonesia menjadi salah satu hasil dari kemajuan infrastruktur yang dicanangkan dan didorong oleh pemerintah Indonesia. Hal ini turut mendorong semakin banyak pemain di bidang teknologi melebarkan sayapnya di Indonesia, salah satunya di ranah cloud.
 
Cloud menjadi salah satu faktor utama yang dimanfaatkan perusahaan dalam proses transformasi digital mereka. Hal ini turut mendorong kehadiran perusahaan lain yang menawarkan dukungan terhadap proses transformasi digital ini, yaitu Rubrik.
 
“Rubrik adalah cloud data management company. Fokus dalam menyediakan otomasi data platform, untuk akselerasi perjalanan pelanggan dalam data manajemen dan berpindah ke cloud,” ujar Vice President of Asia Pacific & Japan Rubrik Kamal Brar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, Kamal menyebut Rubrik tengah mencoba peruntungannya di pasar Asia Pasifik. Sebab di Asia Pasifik, jelas Kamal, konsumen tengah menjalani fase isrupsi dan mengalami tantangan dalam mengelola data.
 
Konsumen di pasar ini, terutama di Indonesia, juga disebut Kamal mengalami benturan dengan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah, yang dinilai membatasi cara pengelolaan data. Rubrik menawarkan layanan manajemen back-up data, yang menjadi langkah terakhir dalam proses pengelolaan data.
 
Dalam mendukung perusahaan melakukan transformasi digital, Rubrik menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan skala bisnis. Selain itu, Rubrik juga menawarkan solusi bisa dijalankan di hardware apapun, termasuk pada server on-premise.
 
Hal ini selaras dengan regulasi pemerintah yang mengharuskan data penting untuk tersimpan di server di dalam negeri. Namun Rubrik menyebut juga bekerja sama erat dengan penyedia layanan cloud, jadi saat perusahaan pelanggan siap untuk beralih ke cloud.
 
Karenanya, teknologi miliknya diklaim Rubrik sudah siap untuk bantu proses backup dan kelola data tersebut. Layanannya telah dapat diterapkan pada ruang penyimpanan di awan. Sehingga saat regulasi pemerintah memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan cloud sebagai alat penyimpanan data, Rubrik telah siap mendukung perusahaan.
 
Selain itu, Rubrik juga menawarkan bantuan untuk menyederhanakan proses pengelolaan back up data. Bantuan ini salah satunya ditujukan untuk segmen bisnis kecil dan menengah atau UKM, diklaim Rubrik memungkinkan bisnis terfokus pada perkembangan usahanya, dan tidak perlu mengkhawatirkan hal lainnya.
 
Penawaran layanan Rubrik lebih diutamakan untuk segmen bisnis menengah, sebab UKM dinilai belum memiliki sumber daya yang besar dan memadai seperti perusahaan besar, sehingga solusi yang ditawarkannya diyakini dapat membantu UKM untuk lebih berkembang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif