Facebook kembali menyelenggarakan program literasi digital Think Before You Share.
Facebook kembali menyelenggarakan program literasi digital Think Before You Share.

Facebook Gandeng Guru dan Orangtua di Program Literasi Digital

Teknologi facebook
Lufthi Anggraeni • 22 Oktober 2018 17:19
Jakarta: Facebook mengumumkan penyelenggaraan program literasi digital tahun ketiga, bekerja sama dengan YCAB. Berbeda dengan sebelumnya yang terfokus pada siswa, program tahun ini juga membidik guru dan orang tua murid sebagai peserta.
 
"Orang tua dan guru menjadi komponen yang ada pada program tahun lalu, padahal mereka juga merupakan bagian dari ekosistem kehidupan anak-anak, seperti halnya platform digital," ujar Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari.
 
Facebook berupaya untuk memperluas jangkauan program pada tahun ketiganya ini, sehingga dapat membantu meningkatkan literasi seluruh masyarakat di Indonesia, dengan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun ini, Facebook menargetkan untuk mencakup di 150 sekolah di tujuh provinsi, yaitu Sumatera Utara, Banten DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan, serta sebanyak 21 ribu siswa, orangtua dan guru.
 
Program literasi digital Think Before You Share ini diakui Facebook untuk pengguna jejaring sosial miliknya dan juga untuk jejaring sosial lainnya. Sebab program ini tidak hanya menekankan keharusan berpikir kritis sebelum membagi informasi, juga pada empati terkait unggahan.
 
Pelibatan orangtua dan guru dilandaskan pada penilaian bahwa kedua pihak menjadi bagian dari filter dan contoh untuk anak, sehingga literasi digital untuk keduanya dinilai sama pentingnya bagi anak-anak.
 
Dalam program ini, Facebook berperan sebagai penyedia materi untuk modul yang diciptakan bersama dengan YCAB.
 
Sementara itu, pihak pemerintah yang diwakili oleh dua Kementerian tersebut berperan sebagai pembuka akses ke sekolah, serta berkontribusi terkait dengan contoh kasus yang pernah terjadi dan dapat mendukung materi pembelajaran pada modul.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif