Diskusi terbatas 4G LTE dengan XL Axiata, Rabu (28/10/2015). MTVN/MAMDUH
Diskusi terbatas 4G LTE dengan XL Axiata, Rabu (28/10/2015). MTVN/MAMDUH

Jaringan 3G dan 4G, Bedanya Apa Sih?

Mohammad Mamduh • 28 Oktober 2015 16:35
medcom.id, Jakarta: Bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, para operator telekomunikasi Indonesia saat ini sedang menyiapkan jaringan 4G LTE secara efektif di Tanah Air.
 
Seperti yang kita ketahui, 4G LTE adalah teknologi jaringan paling canggih, yang memungkinkan konsumen terhubung dengan internet lebih cepat. Namun, pada hakikatnya, apa bedanya dengan jaringan 3G?
 
Pemahaman 3G dan 4G LTE kali ini akan saya jelaskan dengan bahasa yang mudah, tidak berfokus pada penerapan secara teknis yang hanya dipahami oleh pelaku industri terkait. 3G merupakan jaringan telekomunikasi yang kita pakai saat ini, yang menyediakan wadah untuk berkomunikasi melalui suara, pesan, dan terhubung dengan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam 3G, jaringan internet atau konsumsi paket data menjadi prioritas ketiga. Hal ini mengacu pada ponsel yang beredar di pasaran saat teknologi ini hadir. Seiring dengan perkembangan zaman, konsumsi data internet melalui 3G mulai meningkat, tetapi penerapan secara teknisnya, jaringan ini lebih mengutamakan layanan melalui telepon atau pesan tanpa lewat internet.
 
Berbeda dengan 4G, jaringan ini menekankan penggunaan internet yang lebih cepat. Teknologi ini berkembang seiring dengan kehadiran smartphone, ditambah dengan aplikasi yang menjamur. Semua fitur pada smartphone dan aplikasi yang digunakan memerlukan koneksi internet. Secara porsi, layanan untuk telepon dan SMS lebih kecil, tetapi tidak akan mengalami gangguan.
 
“Kelebihan 4G LTE adalah latency yang lebih rendah, intervensi yang lebih rendah, penggunaan frekuensi yang lebih efisien, dan transmisi data yang lebih cepat,” jelas Head of Network Planning XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, dalam diskusi terbatas mengenai teknologi 4G LTE, Rabu (28/10/2015).
 
Dari segi infrastruktur, Rahmadi menambahkan, 1 cell (perangkat yang terpasang pada BTS untuk memancarkan sinyal jaringan) 5 MHz 4G LTE dapat menampung 200 pengguna. “Dengan kuantitas yang sama, 1 cell 5 MHz pada jaringan 3G hanya sanggup mewadahi 96 user.”
 
Kehadiran 4G LTE di Indonesia secara langsung mendorong pengguna ponsel untuk terhubung dengan internet. Masalah berikutnya yang harus dihadapi adalah, bagaimanan pemanfaatan 4G LTE secara menyeluruh untuk masyarakat.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif