Ilustrasi.
Ilustrasi.

Nvidia dan Jaguar Land Rover Ciptakan Mobil Pintar Swakemudi

Cahyandaru Kuncorojati • 17 Februari 2022 16:13
Jakarta: Nvidia kembali berinovasi dalam pengembangan kemampuan cerdas GPU untuk industri otomotif. Kini mereka bersama pabrikan Jaguar Land Rover akan menyediakan dukungan teknologi cerdas dan swakemudi untuk mobil yang diproduksi ke depanya.
 
Di pengumuman kerja sama yang dirilis kemarin disebutkan kedua pihak melakukan kerja sama strategis untuk beberapa tahun ke depan dalam mengembangkan bersama teknologi AI, kemampuan swakemudi tingkat lanjut, dan layanan berbasis AI terbaru untuk pengendara.
 
Mulai tahun 2025 semua kendaraan merek Jaguar dan Land Rover akan mengandalkan platform Nvidia Drive, sebuah software buatan Nvidia yang menyediakan integrasi sistem keamanan, swakemudi, sistem parkir hingga panduan berkendara yang semuanya didukung AI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua solusi ini dibangun dengan berbasis Nvidia Drive Hyperion yang di dalamnya tersedia fitur Nvidia Drive Orin, Drive AV dan Drive IX dan lainnya. Nvidia Drive Orin akan menjadi otak kecerdasan buatan (AI) dari kendaraan dan Drive Hyperion sebagai sensor atau centra nervous system.
 
Nvidia dan Jaguar Land Rover juga menyiapkan in-house data center yang mengandalkan solusi Nvidia DGX dalam pembuatan dan pelatihan model AI. Di sini juga digunakan software Drive Sim pada Nvidia Omniverse untuk simulasi fisik realm-time yang akurat. 
 
Software yang diciptakan Jaguar Land Rover akan menyediakan fitur sekaligus verifikasi dan validasi end-to-end yang memungkinkan dukungan inovasi serta kemampuan swakemudi berkelanjutan lewat update over-the-air.
 
“Kolaborasi dan berbagai pengetahuan ini dengan Nvidia sangat penting membantu kami membayangkan (Reimagine) kembali strategi kami, membuat benchmark terbaru dalam hal kualitas, teknologi, dan keberlanjutannya,” ungkap CEO Jaguar Land Rover, Thierry Bollore.
 
“Jaguar Land Rover akan menjadi pembuat kendaraan berdesain termewah di dunia dan menyediakan layanan yang paling memahami konsumen. Kerja sama strategis jangka panjang dengan Nvidia akan membuka potensi baru bagi kendaraan masa depan seiring transformasi bisnis terus berlanjut,” jelasnya.
 
CEO sekaligus Pendiri Nvidia, Jensen Huang menyampaikan pandangan yang sama mengenai kendaraan atau mobil di masa depan. Menurutnya kendaraan masa depan akan membuat industri otomotif menjadi industri dengan teknologi paling maju dan terbesar.
 
“Moda transportasi berbasis software dan kendaraan yang bisa diprogram akan menyediakan fungsi dan layanan baru bagi hidup sebuah kendaraan. Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan Jaguar Land Rover dalam merancang kembali transportasi masa depan dan menciptakan kendaraan paling futuristik,” jelas Jensen.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif