GrabAds
GrabAds

Minat Masyarakat Indonesia untuk Ganti Gadget Naik

Mohamad Mamduh • 11 Juni 2025 19:09
Jakarta: GrabAds, solusi periklanan terintegrasi dari Grab, merilis laporan perdana berjudul "Southeast Asia (SEA) Consumer Internet, Mobile and Digital Lifestyle Insights" yang mengungkap adanya peningkatan minat masyarakat Indonesia untuk memperbarui perangkat digital mereka. Laporan ini menunjukkan bahwa 3 dari 5 pengguna Grab di Indonesia berencana mengganti smartphone mereka di tahun 2025.
 
Laporan ini memberikan wawasan penting bagi pelaku industri telekomunikasi mengenai perilaku konsumen dan keputusan pembelian, mulai dari preferensi layanan telekomunikasi, pengalaman berbelanja, hingga peran pengambil keputusan dalam keluarga.
 
Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan strategis bagi merek untuk lebih adaptif terhadap konsumen Indonesia yang semakin dinamis, serta mendorong pengelolaan anggaran pemasaran yang lebih cermat di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

Salah satu temuan menarik dari laporan ini adalah kebiasaan pengguna di Indonesia yang semakin sering menggunakan beberapa perangkat secara bersamaan. Saat terhubung ke Wi-Fi, smartphone (87%), laptop (68%), dan smart TV (58%) menjadi tiga perangkat yang paling sering digunakan secara bersamaan oleh pengguna Grab.
 
Minat terhadap perangkat digital juga tidak terbatas pada ponsel, dengan banyak pengguna yang mulai mempertimbangkan untuk membeli peralatan rumah tangga (39%), laptop (38%), serta tablet atau smart TV (26%).
 
Roy Nugroho, Director for Grab For Business, Grab Indonesia, menjelaskan bahwa laporan ini bertujuan memberikan gambaran berbasis data kepada penyedia layanan telekomunikasi dan produsen perangkat tentang bagaimana kebutuhan dan ekspektasi konsumen terus berkembang.
 
"Dengan meningkatnya penggunaan layanan prabayar, banyaknya keluarga yang mengandalkan perangkat mobile, hingga ekosistem perangkat yang semakin beragam, pelaku bisnis perlu memikirkan ulang strategi bisnis mereka, mulai dari penawaran bundling hingga pendekatan ritel omnichannel agar bisa lebih tepat sasaran dalam menjangkau konsumen yang selalu ingin terhubung secara digital," ujarnya.
 
Laporan GrabAds juga menyoroti beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis agar tetap kompetitif di tengah persaingan pasar saat ini. Pertama, kecepatan, stabilitas, dan harga layanan menjadi faktor utama dalam keputusan konsumen untuk berpindah penyedia layanan.
 
Kedua, pengalaman berbelanja langsung di toko tetap menjadi faktor penting dalam mendorong pembelian ponsel, meskipun belanja online semakin populer. Ketiga, pengambil keputusan dalam keluarga berperan penting dalam pembelian produk digital, terutama dalam memilih layanan dan produk digital untuk kebutuhan bersama.
 
Dengan temuan-temuan ini, GrabAds berharap dapat membantu pelaku bisnis merancang penawaran yang lebih relevan dan kontekstual, sehingga dapat tetap menjadi top-of-mind dan mampu memengaruhi keputusan pembelian konsumen secara lebih efektif.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan