Sempat mengalami gangguan pagi ini, BCA memastikan layanan BCA Mobile dan MyBCA sudah pulih.
Sempat mengalami gangguan pagi ini, BCA memastikan layanan BCA Mobile dan MyBCA sudah pulih.

Sempat Gangguan Senin Pagi, Aplikasi BCA Mobile dan MyBCA Sudah Pulih

Lufthi Anggraeni • 29 September 2025 13:52
Jakarta: Pada Senin, 29 September 2025 pagi, sejumlah nasabah BCA melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses layanan perbankan via aplikasi, yaitu BCA Mobile dan MyBCA. Namun, pihak BCA memastikan bahwa layanan kini sudah pulih secara bertahap.
 
Keluhan mulai bermunculan sejak Senin pagi hari, dengan beberapa pengguna melaporkan tidak bisa login, tampilan aplikasi menunjukkan indikator merah, dan transaksi seperti transfer, pembayaran QRIS, atau top-up Flazz tidak bisa dilakukan.
 
Tagar seperti BCA Mobile juga sempat menjadi trending topik di platform X (sebelumnya Twitter). Selain itu, aplikasi BCA Mobile, MyBCA, dan blu disebut mengalami gangguan bersamaan. BCA kemudian mengonfirmasi bahwa sistem internal sempat terganggu, namun belum menyebutkan penyebab teknis secara mendetail.

BCA menyebut tim teknis pihaknya sudah mengambil langkah pemulihan, dan sistem disebut telah berangsur normal. BCA meminta nasabah untuk memeriksa kembali aplikasi mereka secara berkala. BCA juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah.
 
Selain itu, bank mengimbau agar nasabah tetap waspada terhadap upaya penipuan yang mengatasnamakan BCA, dengan menjaga kerahasiaan data perbankan. Untuk bantuan lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi Contact Center Halo BCA di 1500888, WhatsApp 08111500998, webchat, atau email ke halobca@bca.co.id.
 
Sementara itu, saat aplikasi bermasalah, pengguna disarankan untuk memeriksa koneksi internet dan memastikan bahwa aplikasi menggunakan versi terbaru. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk memanfaatkan ATM fisik, internet banking jika tersedia, atau layanan lain seperti transfer via cabang atau mitra pembayaran, saat aplikasi tidak bisa diakses.
 
Pengguna juga disarankan untuk menggunakan kanal resmi Halo BCA atau layanan pelanggan lain yang disediakan oleh BCA, serta menghindari mengklik tautan mencurigakan atau mengungkap data sensitif kepada pihak tak dikenal, terutama saat sistem sedang bermasalah.
 
Gangguan pagi ini pada aplikasi BCA Mobile dan MyBCA memang menyita perhatian banyak nasabah. Namun respons cepat dari pihak BCA dan pernyataan bahwa sistem telah pulih menunjukkan bahwa institusi perbankan menyadari pentingnya layanan digital dalam keseharian nasabah.
 
Kejadian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi layanan perbankan agar sistem perbankan digital semakin tangguh dan andal dalam melayani pengguna.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan