F5 Networks menyebut IoT turut menjadi sektor yang tengah berkembang di Indonesia.
F5 Networks menyebut IoT turut menjadi sektor yang tengah berkembang di Indonesia.

Pasar IoT Indonesia Dinilai Berkembang, Ini Buktinya

Teknologi teknologi f5 networks corporate transformasi digital
Lufthi Anggraeni • 12 Maret 2019 19:26
Jakarta: Perkembangan teknologi termudah dapat ditemukan pada pemanfaatan perangkat berteknologi cerdas di kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama di Indonesia. Namun, F5 Networks menyebut terdapat sektor lain yang sedang berkembang di tanah air.
 
“Sektor IoT juga sedang berkembang pesat di Indonesia. Sebab sektor ini memiliki dampak pada kehidupan sehari-hari di lingkungan perkotaan maupun pedesaan,” ujar Country Manager F5 Indonesia Fetra Syahbana.
 
Teknologi Internet of Things (IoT) mengalami perkembangan pesat disebut Fetra berkat dukungan sejumlah elemen, seperti sensor, konektivitas dan big data. Elemen ini juga disebut Fetra memainkan peranan dalam implementasi teknologi ini dalam kehidupan manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Fetra juga menyebut dengan elemen ini, masyarakat, baik individu, perusahaan maupun organisasi, perlu mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi implementasi IoT di masa depan. Salah satunya adalah masalah keamanan.
 
Implementasi IoT disebut berpotensi untuk meningkatkan permasalahan terkait keamanan yang akan dihadapi perusahaan dan organisasi, sehingga tidak hanya sekadar menjadi kendala, namun juga menjadi ancaman di sektor ini.
 
Hal ini mendorong masyarakat untuk lebih memiliki pemahaman lebih baik terkait dengan penerapan teknologi IoT, termasuk menyoal cara kerja dan cara perangkat saling terhubung satu sama lain.
 
Pemahaman ini, lanjut Fetra, dibutuhkan untuk mencegah perangkat IoT rentan diretas dan disusupi oleh pelaku kejahatan siber. Sementara itu, IoT disebut Fetra tidak hanya sekadar perangkat, juga mencakup aplikasi dan layanan pendukungnya.
 
Sebab menurut Fetra, semakin banyak perangkat terkoneksi, maka akan semakin banyak pula aplikasi dan layanan yang berjalan. Sehingga berbagai aplikasi yang bekerja secara simultan ini menghasilkan data.
 
Namun, kerja secara simultan ini juga memicu sejumlah risiko seperti kemacetan aplikasi setelah tersedia dan dijalankan, dan kemacetan ini disebut Fetra sudah umum terjadi. Meskipun demikian, risiko tersebut dinilai tetap memerlukan perhatian khusus.
 
Kemajuan Iot ini juga mendorong tantangan dalam hal manajemen identitas dan akses, peningkatan pengalaman pengguna, serta kebutuhan akan pengadaan layanan yang cepat.
 
Karenanya, masyarakat disebut Fetra membutuhkan solusi yang dapat membantu aplikasi melakukan kinerja lebih baik dan aman.
 
Tidak hanya aman, solusi ini juga disebut Fetra harus memungkinkan proses pengiriman aplikasi berjalan dengan lancar, dan dapat beriringan dengan inovasi IoT yang akan terjadi di masa depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif