F5 Networks menyebut IoT turut menjadi sektor yang tengah berkembang di Indonesia.
F5 Networks menyebut IoT turut menjadi sektor yang tengah berkembang di Indonesia.

Pasar IoT Indonesia Dinilai Berkembang, Ini Buktinya

Teknologi teknologi f5 networks corporate transformasi digital
Lufthi Anggraeni • 12 Maret 2019 19:26
Jakarta: Perkembangan teknologi termudah dapat ditemukan pada pemanfaatan perangkat berteknologi cerdas di kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama di Indonesia. Namun, F5 Networks menyebut terdapat sektor lain yang sedang berkembang di tanah air.
 
“Sektor IoT juga sedang berkembang pesat di Indonesia. Sebab sektor ini memiliki dampak pada kehidupan sehari-hari di lingkungan perkotaan maupun pedesaan,” ujar Country Manager F5 Indonesia Fetra Syahbana.
 
Teknologi Internet of Things (IoT) mengalami perkembangan pesat disebut Fetra berkat dukungan sejumlah elemen, seperti sensor, konektivitas dan big data. Elemen ini juga disebut Fetra memainkan peranan dalam implementasi teknologi ini dalam kehidupan manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Fetra juga menyebut dengan elemen ini, masyarakat, baik individu, perusahaan maupun organisasi, perlu mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi implementasi IoT di masa depan. Salah satunya adalah masalah keamanan.
 
Implementasi IoT disebut berpotensi untuk meningkatkan permasalahan terkait keamanan yang akan dihadapi perusahaan dan organisasi, sehingga tidak hanya sekadar menjadi kendala, namun juga menjadi ancaman di sektor ini.
 
Hal ini mendorong masyarakat untuk lebih memiliki pemahaman lebih baik terkait dengan penerapan teknologi IoT, termasuk menyoal cara kerja dan cara perangkat saling terhubung satu sama lain.
 
Pemahaman ini, lanjut Fetra, dibutuhkan untuk mencegah perangkat IoT rentan diretas dan disusupi oleh pelaku kejahatan siber. Sementara itu, IoT disebut Fetra tidak hanya sekadar perangkat, juga mencakup aplikasi dan layanan pendukungnya.
 
Sebab menurut Fetra, semakin banyak perangkat terkoneksi, maka akan semakin banyak pula aplikasi dan layanan yang berjalan. Sehingga berbagai aplikasi yang bekerja secara simultan ini menghasilkan data.
 
Namun, kerja secara simultan ini juga memicu sejumlah risiko seperti kemacetan aplikasi setelah tersedia dan dijalankan, dan kemacetan ini disebut Fetra sudah umum terjadi. Meskipun demikian, risiko tersebut dinilai tetap memerlukan perhatian khusus.
 
Kemajuan Iot ini juga mendorong tantangan dalam hal manajemen identitas dan akses, peningkatan pengalaman pengguna, serta kebutuhan akan pengadaan layanan yang cepat.
 
Karenanya, masyarakat disebut Fetra membutuhkan solusi yang dapat membantu aplikasi melakukan kinerja lebih baik dan aman.
 
Tidak hanya aman, solusi ini juga disebut Fetra harus memungkinkan proses pengiriman aplikasi berjalan dengan lancar, dan dapat beriringan dengan inovasi IoT yang akan terjadi di masa depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif