Studi NetApp dan IDC mengungkap empat tren yang menjadi gerbang dominasi ekonomi digital.
Studi NetApp dan IDC mengungkap empat tren yang menjadi gerbang dominasi ekonomi digital.

3 Gerbang Dominasi Ekonomi Digital Menurut NetApp

Teknologi netapp
Lufthi Anggraeni • 11 Februari 2019 17:31
Jakarta: NetApp mengumumkan hasil penelitian, bekerja sama dengan IDC, terkait dengan perkembangan bisnis di era transformasi digital. Penelitian ini menyebut, perusahaan pemimpin di era ini adalah perusahaan dengan investasi tinggi di ranah data.
 
Perusahaan pemimpin di era transformasi digital disebut penelitian ini sebagai Data Thriver, merupakan perusahaan yang berinvestasi dalam menghimpun dan memanfaatkan data guna memperoleh wawasan untuk membantu meraih peluang bisnis baru.
 
Hasil penelitian ini juga memaparkan empat tren teknologi yang disebut sebagai pemicu pertumbuhan bagi perusahaan di era transformasi digital, serta mendorong perusahaan menjadi Data Thriver.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tren pertama adalah Cloud, disebut NetApp berkemampuan untuk mendorong perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI). Teknologi AI berbasis cloud diperkirakan akan semakin banyak dimanfaatkan perusahaan pada tahun 2019.
 
Teknologi AI berbasis cloud ini akan semakin banyak dimanfaatkan perusahaan untuk memastikan aplikasi AI memberikan performa dan skalabilitas baru, dan mendukung banyak protokol akses data serta berbagai variasi format data baru.
 
Tren kedua yaitu Edge Computing, disebut penelitian didorong oleh pertumbuhan perangkat IoT dan semakin besar berkat kehadiran jaringan konektivitas 5G. Pertumbuhan perangkat IoT dan kehadiran 5G tersebut mendorong peningkatan kebutuhan terkait dengan perangkat komputasi Edge.
 
Perangkat komputasi Edge ini haruslah berbekal fitur data analysis dan data reduction, serta berkemampuan menyaring wawasan untuk pengambilan keputusan secara cepat. Sementara itu, tren ketiga yaitu multi-cloud hibrida diprediksi akan menjadi standar arsitektur TI organisasi besar.
 
Teknologi multi-cloud hibrida ini akan mendorong pemanfaatan teknologi seperti platform container dan data fabric guna menjadikan proses pemindahan beban kerja lebih fleksibel di berbagai lingkungan, namun tetap memberikan perusahaan kendali penuh.
 
Tren platform container ini juga mendorong kehadiran tren lain, yaitu abstraksi sistem dan layanan individual. Abstraksi ini diperkirakan akan mendorong arsitek TI untuk merancang data dan pemrosesan data, serta membangun multi-cloud hibrida berbasis data fabric, bukan sekadar data center.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif