ForuMedsoSehat bertujuan membantu pengguna media sosial lebih bijak mencerna informasi.
ForuMedsoSehat bertujuan membantu pengguna media sosial lebih bijak mencerna informasi.

ForuMedsoSehat Ingin Bantu Netizen Bijak Memilah Berita

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 16 Desember 2018 17:10
Jakarta: Media sosial yang kian menjadi bagian penting dalam penyebaran informasi, seringkali disalahgunakan untuk mendistribusikan informasi yang tidak benar. Sementara itu, kurangnya kesadaran pengguna untuk melakukan konfirmasi mendorong popularitas informasi tersebut.
 
Sebab, informasi dinilai menjadi percakapan populer akibat didorong oleh jumlah pengguna yang berpartisipasi, dengan membagikan ulang. Media sosial juga kerap kali menjadi sumber bahan pemberitaan bagi media, mendorong terbentuknya ForuMedsoSehat.
 
“Forum ini secara berkala akan memberikan hasil pengamatan dari percakapan terpopuler di media sosial, salah satunya Twitter. Siapa pemainnya, kontennya, perilaku seperti apa, apakah dimainkan kelompok tertentu,” Ujar Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Romanus Sumaryo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil pengamatan, kurasi dan analisis yang dibagikan tersebut ditujukan agar pengguna internet, terutama media sosial, untuk lebih bijaksana dalam memilah, mencerna dan mengelola informasi yang disebarkan via media sosial.
 
Selain itu, forum ini juga untuk membantu pengguna agar lebih berhati dalam menggunakan media sosial, serta memanfaatkan media sosial tersebut untuk berbagai kegiatan yang positif.
 
Sementara itu, informasi yang menjadi percakapan populer saat ini disebut Co-Founder dan Chief Business Development GDILab.com, Jefri Dinomo, umumnya merupakan komunikasi satu arah.
 
Artinya, pengguna media sosial umumnya hanya meneruskan informasi tanpa berkomentar guna menciptakan percakapan dua arah.
 
Jeffry menyebut, percakapan yang baik seharusnya merupakan percakapan dua arah, dengan pengguna menyampaikan komentar dan informasi yang telah terverifikasi, guna menghindari kesalahpahaman informasi yang berkembang semakin besar.
 
Meskipun demikian, percakapan populer secara dua arah menjadi hal yang diincar oleh merek. Sebab, melalui percakapan populer tersebut, merek dapat memperoleh pengetahuan mendalam terkait masyarakat yang berpotensi menjadi konsumen mereka.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif